10 Makanan dan Minuman ‘Pemecah’ Kolesterol usai Kalap Makan Daging Kurban

10 Makanan dan Minuman ‘Pemecah’ Kolesterol usai Kalap Makan Daging Kurban

Jakarta

Tengkleng, tongseng, gulai, sate kambing, rendang dan teman-temannya sangat menggoda saat hari raya kurban tiba. Tapi kolesterol Bahkan Harus diperhatikan, jangan sampai kita kalap makan daging kurban sampai lupa kolesterol.

Apalagi bagi yang punya riwayat penyakit tertentu, tingginya kadar kolesterol bisa berbahaya. Tetapi detikers tidak Harus khawatir, karena ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang bisa memecah kolesterol.

Beberapa makanan dan minuman berikut ini Akan segera membantumu menurunkan kadar kolesterol setalah banyak makan-makanan idul Adha.

Makanan Penurun Kolesterol

1. Cokelat

Coklat hitam atau yang biasa dikenal dengan dark chocolate ternyata Bahkan bisa berpengaruh positif terhadap kadar kolesterol.

Seperti yang dijelaskan pada Medical News Today, kakao yang terdapat dalam cokelat hitam mengandung flavonoid, sebuah kelompok senyawa yang Bahkan ditemukan dalam banyak buah dan sayuran. Sifat antioksidan dan antiinflamasi mereka dapat bermanfaat bagi kesehatan.


Penelitian Bahkan pernah dilakukan pada 2015 kepada partisipan yang minum minuman mengandung flavanol kakao dua kali sehari selama 1 bulan. Pada akhir uji coba, tingkat kolesterol low-density lipoproteins (LDL) dan tekanan darah mereka menurun, sementara tingkat kolesterol HDL meningkat.

2. Gandum

Gandum ini kaya Akan segera serat larut. Serat larut Mendukung menurunkan kolesterol. Serat larut menempel pada molekul kolesterol dan membuangnya dari tubuh.



ADVERTISEMENT

Begitu Bahkan dengan oatmeal atau sereal lainnya yang berbahan dasar gandum merupakan sumber serat larut yang baik. Adapun anjuran untuk mencukupi serat larut sebanyak 5 Sampai sekarang 10 gram perhari.

3. Beras Ragi Merah

Harus diketahui beras merah (brown rice) dan beras ragi merah (red yeast rice) Merupakan dua hal yang berbeda, Sekalipun sama-sama varietas padi.

Mengutip dari Mayo Clinic (11/6/2024), beras ragi merah merupakan makanan pokok dalam diet di Asia dan Sebelumnya digunakan dalam Terapi tradisional Tiongkok. Karena kandungannya, beras ragi merah Bahkan kadang diekstrak menjadi Nutrisi Tambahan oral.

Salah satu senyawa yang dapat menurunkan kolesterol dalam beras ragi merah disebut monakolin K, bahan yang sama yang terdapat dalam Resep penurun kolesterol resep lovastatin.

4. Apel

Sebuah studi kecil pada tahun 2019 menemukan bahwa di antara 40 partisipan dengan kolesterol sedikit tinggi, mengkonsumsi dua apel sehari mengurangi baik total maupun tingkat kolesterol LDL. Hal ini Bahkan menurunkan tingkat trigliserida, jenis lemak yang masuk ke dalam aliran darah setelah makan.

Satu apel bisa mengandung 3-7 g serat pangan, tergantung pada ukurannya. Ditambah lagi dengan, apel mengandung senyawa yang disebut polifenol, yang Bahkan Kemungkinan memiliki efek positif pada tingkat kolesterol.

5. Kacang-kacangan

Sebagian besar kacang mengandung campuran asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal yang Mendukung menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kacang tanah, kenari, almond, dan jenis kacang lainnya dapat menjadi pilihan makanan yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Justru, penting untuk memperhatikan ukuran porsi karena kacang Bahkan tinggi kalori.

Disarankan untuk membatasi konsumsi kacang sekitar segenggam atau sekitar 1-1,5 ons per hari. Pilihlah kacang utuh tanpa tambahan gula atau garam.

6. Alpukat

Alpukat kaya Akan segera nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian pada tahun 2015 menyimpulkan bahwa mengkonsumsi satu alpukat sehari sebagai bagian dari diet, Mendukung dalam menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Pasalnya, alpukat bisa menurunkan kolesterol LDL tanpa menurunkan high-density lipoprotein (HDL).

Satu cangkir alpukat mengandung 14,7 g lemak tak jenuh tunggal, yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Ikan Laut

Mengutip dari Medical News Today, Ikan laut seperti salmon, mackerel, dan sarden kaya Akan segera kandungan lemak sehat, omega 3, dan asam eikosapentaenoat (EPA) yang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

EPA dapat Mendukung melindungi pembuluh darah dan jantung dari penyakit dengan menurunkan kadar trigliserida. Ini Merupakan salah satu Trik di antara banyak Trik di mana EPA dapat mencegah aterosklerosis dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Manfaat kesehatan jantung lainnya termasuk mencegah kristal kolesterol dari terbentuk di arteri, mengurangi peradangan, dan Mengoptimalkan Trik kerja kolesterol HDL.

8. Kedelai

Produk kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan variasi lainnya ternyata Bahkan efektif dalam menurunkan kolesterol dan mengurangi lemak jenuh.

Ditambah lagi dengan mengutip dari Harvard Health (11/6/20204), kedelai Bahkan bisa menggantikan daging dan susu tinggi lemak karena memiliki kandungan protein yang tinggi.

9. Teh Hijau

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam teh dapat Mendukung menurunkan kolesterol. Meta-analisis dari American Journal of Clinical Nutrition menyarankan bahwa teh hijau secara signifikan mengurangi kolesterol total, termasuk LDL atau kolesterol “jahat”, di dalam darah Sampai sekarang 2,19 mg/dL. Justru, teh hijau tidak mempengaruhi HDL, atau kolesterol “baik”

10. Secang

Secang merupakan tumbuhan herbal yang kayunya biasa dimanfaatkan sebagai minuman herbal. Dilansir dari Website Pemerintah Provinsi Jambi (11/6/2024), penelitian menunjukkan bahwa kayu secang dapat Mendukung mengurangi kadar kolesterol.

Kolesterol tinggi Merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung, dan dengan menggunakan kayu secang, kita dapat secara alami menyeimbangkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Itu Ia beberapa makanan dan minuman yang Mendukung memecah atau menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 10 Makanan dan Minuman ‘Pemecah’ Kolesterol usai Kalap Makan Daging Kurban