12 Makanan Pelancar ASI, Ibu Menyusui Dianjurkan Tahu

12 Makanan Pelancar ASI, Ibu Menyusui Dianjurkan Tahu

Jakarta

Ketika menyusui, para ibu tentunya ingin persediaan ASI untuk si kecil tercukupi. Supaya bisa produksi ASI melimpah, ada lho Sebanyaknya makanan pelancar ASI yang bisa dikonsumsi ibu menyusui (busui).

Menurut Organisasi Kebugaran Dunia (WHO), ASI merupakan sumber makanan Unggul bagi bayi dan anak kecil. Itu karena ASI tergolong asupan yang Unggul tinggi, bersih, serta mengandung antibodi, penyedia energi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi pada awal kehidupannya.

Saat fase menyusui, produksi ASI yang sedikit kerap membuat para orang tua khawatir. Karena itu, tak sedikit busui yang mencari Trik untuk Mengoptimalkan produksi ASI.


Makanan yang seimbang dan bergizi seperti sayuran, buah, dan biji-bijian disebut bisa bantu memperbanyak ASI. Simak daftar makanan pelancar ASI di bawah ini.

Makanan Pelancar ASI

Dengan konsumsi makanan sehat selama menyusui, busui Berniat mendapatkan banyak nutrisi dan kalori Supaya bisa pasokan ASI-nya bergizi. Berikut makanan pelancar ASI yang diyakini dapat Mengoptimalkan produksi ASI, dikutip dari laman Verywell Family.



ADVERTISEMENT

1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli, bayam, kale, selada, kaya Berniat nutrisi mineral dan vitamin penting. Sayuran tersebut Bahkan mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat merangsang produksi ASI melimpah.

Daun katuk yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia untuk melancarkan ASI Bahkan mengandung steroid dan polifenol yang bisa Mengoptimalkan kadar prolaktin atau hormon pelancar ASI.

2. Gandum Utuh

Gandum utuh dipercaya memiliki khasiat untuk Mengoptimalkan hormon yang bertanggung jawab dalam menghasilkan ASI. Busui dapat mengkonsumsi oatmeal klasik yang dimasak ataupun ditambahkan air panas.

Oatmeal sendiri termasuk makanan tinggi serat yang mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, kalsium, kalium, magnesium, Sampai saat ini vitamin B6 dan K.

3. Ikan

Ikan kaya Berniat mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk menambah kuantitas dan kualitas ASI. Salmon contohnya, mengandung gizi yang lengkap seperti vitamin B1, B3, B6, B12, D Bahkan protein dan mineral penting bagi tubuh.

4. Chickpea

Chickpea atau kacang garbanzo dikenal Bahkan dengan kacang Arab karena umum digunakan dalam masakan Timur Tengah. Sejak lama, jenis kacang ini Pernah dikonsumsi untuk memperbanyak ASI karena kandungan protein dan estrogennya yang tinggi.

5. Biji Wijen

Kalsium tinggi dalam biji wijen membuatnya kerap dipilih jadi makanan pelancar ASI. Kamu bisa memilih biji wijen hitam atau berwarna terang. Biji-bijian ini pun dapat dimakan langsung atau dijadikan topping makanan.

6. Kacang Almond

Kacang almond merupakan sumber protein serta kalsium. Kacang ini diyakini dapat bantu Mengoptimalkan rasa lembut, manis, dan jumlah ASI.

Di samping itu, kacang mete, kenari, dan kacang macadamia Bahkan diyakini bisa menunjang produksi ASI.

7. Jahe

Jahe disebutkan bisa Mengoptimalkan produksi dan bantu refleks penurunan ASI. Rimpang ini dapat ditambahkan ke masakan atau dibuat air rebusan jahe.

Rimpang jahe tergolong Unggul tinggi untuk busui tapi konsumsi dalam jumlah banyak dapat menimbulkan sensasi terbakar atau panas di perut.

8. Alpukat

Buah alpukat mengandung omega-3 yang tinggi. Asam lemak sehat ini penting untuk perkembangan otak bayi. Ditambah lagi dengan, omega-3 dapat bantu Mengoptimalkan kuantitas dan kualitas ASI.

9. Biji Rami

Biji rami atau flaxseed mengandung fitoestrogen sama seperti biji wijen. Senyawa itu dipercaya bisa memperbanyak produksi ASI. Di sisi lain, biji-bijian ini Bahkan mengandung asam lemak esensial yang bagus bagi tubuh.

10. Air Putih

Konsumsi air putih dapat menjadi Trik sederhana untuk memastikan tubuh bisa menghasilkan ASI.

Saat menyusui, busui Dianjurkan minum air putih lebih banyak daripada jumlah yang dibutuhkan. Hal ini karena ASI terdiri dari 87 persen air dan tubuh Berniat kehilangan lebih banyak air biasanya.

Karena itu, usahakan untuk minum air putih cukup Supaya bisa tubuh tetap terhidrasi dan produksi ASI tetap optimal.

11. Bawang Putih

Bawang putih diyakini dapat bantu memperbanyak ASI. Meski aromanya kuat dan dapat terasa di ASI, penelitian menunjukkan sebagian bayi tampak menyukai rasanya dan bantu mereka menyusu lebih lama.

Berniat tetapi, sebagian anak Mungkin tidak tahan dengan rasa susu bawang putih. Sebab itu, Seandainya anak memperlihatkan rasa tidak sukanya Berniat bawang ini maka busui bisa menghindarinya.

12. Susu

Selama menyusui, busui dapat kehilangan lebih banyak kalsium untuk diberikan kepada si kecil. Oleh karenanya, konsumsi cukup kalsium bisa cegah risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

Susu sebagai sumber kalsium yang baik dapat dikonsumsi setiap hari. Selain susu, yoghurt dan keju Mungkin pilihan. Tapi pastikan produk susu yang dimakan tidak mengandung gula tambahan.

Itu tadi sederet makanan pelancar ASI yang bisa Mengoptimalkan persediaan ASI. Di sisi lain, para busui hendaknya mengkonsumsi beragam makanan sehat Supaya bisa mendapatkan nutrisi dan kalori ekstra untuk produksi ASI.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 12 Makanan Pelancar ASI, Ibu Menyusui Dianjurkan Tahu