Bisnis  

15 Ribu Kurir Gugat Amazon Gara-gara Belum Bayar Upah dan Uang Lembur

15 Ribu Kurir Gugat Amazon Gara-gara Belum Bayar Upah dan Uang Lembur


Lebih dari 15 ribu pengemudi yang bertugas mengantarkan paketĀ Amazon mengajukan tuntutan hukum yang meminta kompensasi atas lembur dan upah yang belum dibayar.

Mereka menuding raksasa Perdagangan Elektronik itu mengkategorikan mereka sebagai kontraktor independen, bukan sebagai karyawan.

Melansir CNN, Senin (10/6), perusahaan meluncurkan Amazon Flex pada 2015 yang memungkinkan kontraktor independen mendaftar untuk menjadi pengirim paket Amazon. Pengemudi bebas mengatur jadwal pengiriman paket Amazon Fresh atau bisa Bahkan pada hari yang sama dari pusat gudang perusahaan.


KurirĀ dari California, Massachusetts, dan Illinois tak hanya meminta kompensasi atas lembur dan upah yang belum dibayar, tetapi Bahkan biaya pengganti untuk jarak tempuh dan penggunaan telepon seluler. Pengacara kasus tersebut, Steven Tindall, mengatakan undang-undang tentang kesalahan klasifikasi karyawan terlihat sangat jelas di Amerika Serikat.

Tindall mengatakan bahwa sekitar 450 tuntutan serupa sebelumnya Sudah diajukan ke American Arbitration Association. Ia dan pengacara lainnya Sudah mengumpulkan klaim selama bertahun-tahun.

Sementara itu, Amazon mengatakan perusahaan Menyediakan pengemudi kesempatan untuk mengatur jadwal mereka sendiri dan menjadi bos bagi diri mereka sendiri sambil mendapatkan gaji yang kompetitif. Pengemudi katanya mendapatkan penghasilan sekitar US$18 Sampai saat ini US$25 per jam.

Sekalipun, Tindall mengatakan Amazon hanya membayar pengemudi untuk “blok” yang Sudah ditentukan sebelumnya. Bila pengemudi memesan blok tiga jam di aplikasi, mereka hanya dibayar untuk tiga jam, Sekalipun pengiriman membutuhkan waktu lebih lama.

“Sayangnya, arbitrase membatasi upaya pengemudi untuk mencapai keadilan. Jadi, kami tidak punya banyak pilihan selain mengajukan hampir 16 ribu gugatan arbitrase individu sekaligus,” katanya.

Jutaan orang di AS memutuskan untuk bekerja di aplikasi pengiriman dan perjalanan seperti Lyft, Uber, Doordash, dan Instacart.

Definisi dan hak pekerja kontrak dan karyawan Sudah diperdebatkan dengan sengit dalam undang-undang seperti Prop 22 California, yang mengizinkan pengemudi layanan ride-hailing dan pengantaran barang diperlakukan sebagai kontraktor independen dengan beberapa manfaat tambahan, termasuk jaminan penghasilan minimum.

(fby/sfr)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 15 Ribu Kurir Gugat Amazon Gara-gara Belum Bayar Upah dan Uang Lembur