2 Pesawat Nyaris Tabrakan Usai Mendarat dan Lepas Landas di Jalur Sama

2 Pesawat Nyaris Tabrakan Usai Mendarat dan Lepas Landas di Jalur Sama


Dua pesawat nyaris bertabrakan di landasan pacu Bandara Mumbai, India. Insiden penerbangan ini terjadi pada Sabtu (8/6), yang hampir saja membuat ratusan orang dalam bahaya.

Kedua pesawat tersebut dilaporkan Merupakan jenis A320Neo, satu dioperasikan oleh Air India sebagai AI-657 dari Mumbai ke Thiruvananthapuram dan yang lainnya sebuah penerbangan IndiGo 6E5053 dari Indore ke Mumbai.

Pertemuan kedua pesawat yang mendarat dan lepas landas itu terjadi sekitar pukul 06.20 waktu setempat. Pihak-pihak terkait Pada saat ini Bahkan masih melakukan penyelidikan mengenai insiden ini.


Dalam video yang beredar di media sosial, kedua pesawat terlihat berada di landasan yang sama. Beberapa saat setelah jet Air India lepas landas, pesawat IndiGo terlihat mendarat. Data situs pelacakan Flightradar menunjukkan bahwa kedua pesawat hanya berjarak 509 meter satu sama lain.

Pengawas lalu lintas udara yang bersangkutan Sudah diberhentikan dari tugasnya untuk memungkinkannya dilakukan penyelidikan atas insiden di Bandara Mumbai itu.

Baik IndiGo maupun Air India Sudah mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa mereka Sudah mengikuti instruksi dari Air Traffic Control (ATC).

“Pada tanggal 8 Juni 2024 IndiGo penerbangan 6E 6053 dari Indore diberikan izin pendaratan oleh ATC di Bandara Mumbai. Pilot in Command melanjutkan pendekatan dan pendaratan serta mengikuti instruksi ATC. Di IndiGo, keselamatan penumpang Merupakan Yang paling penting bagi kami, dan kami Sudah melaporkan kejadian itu sesuai prosedur,” kata laporan IndiGo seperti yang dikutip NDTV

Hal yang sama Bahkan disampaikan oleh pihak Air India, bahwa ATC mengizinkan pesawatnya untuk lepas landas. Pesawat Air India kemudian melanjutkan gerakan lepas landas sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

“Investigasi Sudah dimulai oleh pihak berwenang untuk mengetahui lebih lanjut tentang izin yang diberikan kepada maskapai penerbangan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

(anm/wiw)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 2 Pesawat Nyaris Tabrakan Usai Mendarat dan Lepas Landas di Jalur Sama