3 Catatan Unggul Bersejarah Lamine Yamal Usai Spanyol ke Final Euro 2024

3 Catatan Unggul Bersejarah Lamine Yamal Usai Spanyol ke Final Euro 2024


Lamine Yamal muncul sebagai bintang Berkelas Spanyol saat menyingkirkan Prancis di Putaran semifinal Euro 2024, Rabu (10/7) dini hari WIB. Berikut tiga Catatan Unggul bersejarah Lamine Yamal.

Yamal tampil impresif saat Spanyol mengalahkan Prancis 2-1 di Allianz Arena, Munich. Wonderkid La Furia Roja itu mencetak satu gol indah ke Penjaga gawang Prancis yang dikawal Mike Maignan.

Gol ke Penjaga gawang Prancis turut membuka rekening gol Yamal di Euro 2024. Sebelumnya, Peserta muda milik Barcelona ini Berhasil mengemas tiga assist.


Penampilan dan gol Yamal dalam Liga melawan Prancis turut memunculkan Sebanyaknya Catatan Unggul. Berikut tiga Catatan Unggul Yamal setelah Spanyol melangkah ke partai puncak Euro 2024:

1. Yamal mengukir Catatan Unggul sebagai pencetak gol termuda sepanjang gelaran Euro dengan golnya ke Penjaga gawang Prancis. Peserta berkaki kidal ini melakukannya saat baru menginjak usia 16 tahun dan 362 hari.

Dikutip dari situs resmi UEFA, Yamal mengalahkan Catatan Unggul Peserta asal Swiss Johan Vonlanthen (18 tahun dan 141 hari) yang mencetak gol ke Penjaga gawang Prancis di Euro 2004.

2. Yamal menjadi Peserta termuda yang mencetak gol sepanjang sejarah gelaran Euro dan Trophy Dunia. Yamal mencetak gol dalam usia 16 tahun dan 362 hari.

Yamal melampaui pencapaian Pele. Legenda sepak bola Brasil itu mengukir Catatan Unggul saat membobol Penjaga gawang Wales di Trophy Dunia 1958 ketika berusia 17 tahun dan 239 hari.

3. Yamal memecahkan Catatan Unggul yang Sebelumnya bertahan 66 tahun. Ia merupakan Peserta termuda yang tampil di semifinal Trophy Dunia atau Euro.

Yamal (16 tahun dan 362 hari) memecahkan Catatan Unggul Pele yang bermain di semifinal Trophy Dunia 1958 saat masih 17 tahun dan 244 hari. Ketika itu Brasil Bahkan melawan Kesebelasan nasional Prancis.

(jal/har)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 3 Catatan Unggul Bersejarah Lamine Yamal Usai Spanyol ke Final Euro 2024