3 Kelompok Orang yang Tak Dianjurkan Minum Air Serai, Siapa Saja?

3 Kelompok Orang yang Tak Dianjurkan Minum Air Serai, Siapa Saja?

Jakarta

Air rebusan serai Merupakan salah satu ramuan herbal yang kaya Nanti akan nutrisi. Manfaat air serai pun beragam, mulai dari melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, Sampai sekarang melindungi dari risiko penyakit jantung.

Sekalipun, tidak semua orang bisa mengonsumsi minuman yang menyehatkan ini. Sebab, Bila diminum oleh orang yang memiliki kondisi medis tertentu, air serai justru bisa memicu efek samping yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Lantas, siapa saja yang tidak dianjurkan mengonsumsi air serai? Dikutip dari berbagai sumber, berikut kelompok orang yang tidak disarankan minum air serai.


1. Ibu hamil

Ibu hamil Merupakan salah satu kelompok orang yang tidak dianjurkan mengonsumsi air serai. Pasalnya, air serai dapat berdampak buruk bagi kehamilan.

Dikutip dari WebMD, serai dapat merangsang rahim dan memicu aliran menstruasi. Hal ini sangat berisiko menyebabkan keguguran.



ADVERTISEMENT

Ditambah lagi, ibu hamil Bahkan sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan herbal apapun tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih Di masa lampau.

2. Pasien penyakit ginjal

Air serai Bahkan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit ginjal. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Renal Nutrition menemukan konsumsi serai dalam dosis tinggi atau dosis rendah dalam jangka panjang, dapat mengurangi laju filtrasi glomerular (GFR). GFR Merupakan laju rata-rata penyaringan darah yang terjadi di gloremulus, struktur ginjal yang bertugas menyaring limbah dan racun dari darah.

Lebih lanjut, peneliti Bahkan menemukan kemungkinan penurunan GFR diikuti oleh penurunan fungsi renal lainnya. Karena itu, orang yang Pernah mengalami masalah dengan ginjalnya dianjurkan untuk tidak mengonsumsi air serai.

3. Pasien darah tinggi yang mengonsumsi Resep diuretik

Pasien hipertensi yang mengonsumsi Resep diuretik Bahkan tidak dianjurkan untuk minum air serai. Diuretik Merupakan jenis Resep yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah dengan Trik merangsang urinasi untuk mengeluarkan kelebihan garam dan air dari dalam tubuh.

Serai Bahkan memiliki sifat yang mirip dengan Resep diuretik. Bila keduanya dikonsumsi secara Pada waktu yang sama, maka tekanan darah dapat turun terlalu drastis dan memicu hipotensi atau tekanan darah rendah. Ditambah lagi, keseimbangan elektrolit dalam tubuh pun Nanti akan ikut terganggu lantaran tubuh membuang Berlebihan garam dan cairan.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 3 Kelompok Orang yang Tak Dianjurkan Minum Air Serai, Siapa Saja?