5 Kelompok Orang yang Harus Berhati-hati Saat Makan Nanas

5 Kelompok Orang yang Harus Berhati-hati Saat Makan Nanas

Jakarta

Nanas (Ananas comosus) Merupakan salah satu buah tropis yang digemari banyak orang. Selain punya rasa manis dan asam yang menyegarkan, nanas Bahkan mengandung Sebanyaknya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari Healthline, buah nanas mengandung serat, karbohidrat, protein, mangan, zat besi, vitamin C, dan beragam vitamin B. Kandungan nutrisi ini membuat nanas Menyajikan banyak khasiat bagi kesehatan, di antaranya meliputi:

  • Melancarkan pencernaan
  • Memanfaatkan imun tubuh
  • Melawan peradangan
  • Meredakan nyeri sendi
  • Mempercepat penyembuhan setelah operasi
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengurangi risiko kanker

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, nanas sebaiknya tidak dikonsumsi secara sembarangan, terutama oleh orang dengan kondisi tertentu. Pasalnya, nanas dapat memicu efek samping atau memperparah gejala penyakit yang diidap.


Siapa saja orang-orang Harus berhati-hati mengonsumsi nanas? Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Pengidap Diabetes

Orang yang mengidap diabetes Harus berhati-hati saat mengonsumsi nanas. Dikutip dari India.com, nanas memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut dapat Memanfaatkan kadar gula darah dalam tubuh, apalagi Bila dikonsumsi secara berlebihan.

Karenanya, pengidap diabetes atau prediabetes sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi buah satu ini.

2. Orang yang Memiliki Masalah Pencernaan

Sekalipun nanas bermanfaat untuk sistem pencernaan, buah ini bisa menimbulkan efek Berbeda dari pada orang yang mengalami masalah pencernaan.

Dikutip dari Vietnam VN, nanas mengandung enzim bernama bromelain. Pada orang yang mengalami sakit perut, enzim ini dapat memicu gastritis atau peradangan pada lapisan lambung.

Apalagi, kandungan vitamin C pada nanas Bahkan dapat memicu diare, mual, muntah, dan nyeri perut Bila dikonsumsi berlebihan.

3. Orang yang Mengonsumsi Medis-obatan

Orang yang mengonsumsi Medis antikoagulan atau pengencer darah Bahkan sebaiknya menghindari konsumsi nanas. Pasalnya, kombinasi tersebut dapat membuat darah menjadi terlalu encer, sehingga Memanfaatkan risiko perdarahan.

Buah ini Bahkan sebaiknya dihindari oleh orang yang Berencana atau Pernah berlangsung menjalani operasi.

4. Orang dengan Perut Kosong

Nanas sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum makan. Nanas Merupakan buah yang bersifat sangat asam. Dikutip dari NDTV, mengonsumsi makanan yang bersifat asam dalam keadaan perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman di perut.

5. Orang dengan Gigi Sensitif

Nanas termasuk ke dalam kelompok buah sitrus. Dikutip dari Smile Center Ohio, buah sitrus umumnya mengandung zat asam nitrat.

Seperti asam laktat yang diproduksi bakteri di mulut, asam sitrat dapat membuat enamel gigi menjadi lunak. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan sensitivitas gigi. Karenanya, orang dengan gigi sensitif dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah atau jus nanas dan buah sitrus lainnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 5 Kelompok Orang yang Harus Berhati-hati Saat Makan Nanas