5 Kesalahan yang Sebaiknya Dihindari saat Menyimpan Telur

5 Kesalahan yang Sebaiknya Dihindari saat Menyimpan Telur

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Menyimpan telur susah-susah gampang. Sebanyaknya kesalahan dalam menyimpan telur berikut ini bisa membuatnya Mudah busuk dan tak bisa lagi dikonsumsi. Apa saja?

Telur Merupakan salah satu sumber protein yang Ekonomis, enak, dan disukai banyak kalangan. Panganan yang satu ini ada di hampir semua rumah tangga karena dianggap mudah diolah jadi beragam menu masakan.

Oleh karena itu, Anda Dianjurkan tahu betul Tips menyimpan telur dengan benar, apalagi Bila Anda sering membelinya dalam jumlah yang banyak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tentunya Anda tak ingin telur Anda Mudah busuk sebelum hendak dimasak dan disantap, bukan?

Memang apa saja kesalahan dalam menyimpan telur yang Dianjurkan dihindari?

1. Tidak langsung disimpan di kulkas

Membeli telur di toko kelontong atau di supermarket, begitu tiba di rumah Dianjurkan segera dimasukkan ke kulkas. Sayangnya, banyak orang yang justru mengabaikan hal ini.

Melansir Real Simple, fluktuasi suhu sangat penting untuk keamanan telur. Hal ini karena bisa saja ada salmonela di dalam telur, makanya lebih baik telur segera didinginkan Supaya bisa bakteri apapun tidak Akan segera berkembang di dalamnya.

2. Suhu kulkas tidak tepat

Bukan hanya didinginkan, suhu untuk mendinginkan telur Bahkan Dianjurkan tepat. Pastikan kulkas diatur di suhu 40 derajat fahreinheit atau setara 4,4 derajat celcius.

Ditambah lagi, sebaiknya tidak menyimpan telur di bagian pintu kulkas tapi di dalam kulkas.

3. Mencuci telur




Ilustrasi. Salah satu kesalahan dalam menyimpan telur yang sebaiknya dihindari Merupakan mencuci telur. (iStockphoto/Raywatt Jhantarangura)

Mencuci telur Merupakan hal yang tidak Dianjurkan. Bukan cuma tidak berguna, ini Bahkan tidak Terbaik karena bisa Memanfaatkan risiko telur terkontaminasi.

Ketika telur dicuci air dapat tersedot ke dalam telur melalui pori-pori cangkangnya dan bakteri Bahkan dengan mudah masuk ke dalamnya.

4. Memasak telur yang retak atau pecah

Karena bakteri dan kuman bisa masuk ke dalam telur melalui retakan, maka sangat tidak dianjurkan untuk membeli atau bahkan mengonsumsi telur yang Pernah retak.

5. Membekukan telur




ilustrasi telur rebus yang kuningnya masih cairIlustrasi. Salah satu kesalahan dalam menyimpan telur Merupakan membekukan telur. (iStockphoto/LoveTheWind)

Telur memang Dianjurkan disimpan di kulkas, tapi telur tidak boleh dibekukan. Membekukan telur mentah dalam cangkangnya menyebabkan kandungan air dalam mengembang, hal ini bisa membuat cangkang telur pecah dan bakteri bisa masuk dengan mudah.

Itulah 5 kesalahan dalam menyimpan telur yang sering diabaikan. Sebaiknya hindari Supaya bisa telur tidak Mudah busuk dan lebih Terjamin.

(tst/pua)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 5 Kesalahan yang Sebaiknya Dihindari saat Menyimpan Telur