5 Tips Ampuh Terhindar dari Doxing di Media Sosial

5 Tips Ampuh Terhindar dari Doxing di Media Sosial

Daftar Isi



Kejahatan doxing masih merebak di media sosial dengan motif politik Sampai sekarang ekonomi. Lalu, bagaimana Tips Supaya bisa terhindar dari doxing?

Doxing Merupakan tindakan mengungkap informasi identitas pribadi seseorang secara online, seperti nama asli, alamat rumah, tempat kerja, telepon, keuangan, dan informasi pribadi lainnya. Informasi ini kemudian diedarkan ke publik tanpa seizin korban.

Di Indonesia, doxing Pernah berlangsung terjadi lama, sejak maraknya praktik pinjaman online yang melibatkan proses penagihan dengan pengungkapan data pribadi.


Polri, lewat akun @divisihumaspolri, Menyajikan Tips-Tips yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menghindari doxing di ruang digital, mulai dari menjaga privasi Sampai sekarang menghapus dokumen pribadi di media sosial.

Berikut Tips lengkapnya:

Privasi menjadi komponen yang paling Sangat dianjurkan diperhatikan saat beraktivitas di media sosial. Kita tidak bisa sembarangan mengungkap privasi di ruang digital ini.

Pasalnya, informasi atau data yang menyangkut privasi dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain.

Sebanyaknya media sosial Menyajikan opsi level privasi untuk menyaring pengguna yang dapat melihat konten yang Anda Upload. Contohnya, mengunci akun yang membuat hanya orang-orang yang kita follow yang bisa melihat unggahan kita.

2. Hapus akun tak digunakan

Beberapa pengguna kerap memiliki beberapa akun media sosial. Terkadang, akun lama tak digunakan lagi ketika Pernah berlangsung memiliki akun baru.

Dalam beberapa Peristiwa Pidana, pengguna membiarkan akun tak digunakan karena Sebelumnya tak memakai media sosial tersebut dan beralih ke media sosial yang lebih baru.

Anda disarankan untuk menghapus akun yang Sebelumnya tidak terpakai untuk menghindari pencurian data pribadi dan penyalahgunaan oleh orang lain.

3. Update perangkat

Gawai seperti ponsel dan laptop diberikan sistem keamanan secara default untuk menghindari celah-celah yang dapat dimanfaatkan penjahat siber.

Maka dari itu, pengguna Wajib melakukan pembaruan perangkat lunak secara berkala untuk mencegah peretasan dan menghindari serangan anti-virus atau malware.

4. Membuat email terpisah

Membuat akun email terpisah untuk kebutuhan personal dan profesional bisa menjadi salah satu langkah untuk menghindari doxing.

Langkah ini diambil untuk memisahkan data pribadi dan data pekerjaan Supaya bisa tidak tercampur.

5. Hapus dokumen pribadi di Media Sosial

Anda disarankan untuk tidak mengunggah dokumen pribadi sepeti KTP, SIM, atau paspor ke media sosial. Seandainya Sebelumnya telanjur atau tak sengaja melakukannya, Anda disarankan untuk segera menghapusnya.

Dokumen pribadi yang ada di media sosial dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

[Gambas:Instagram]

(lom/dmi)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 5 Tips Ampuh Terhindar dari Doxing di Media Sosial