6 Fakta Daun Kratom, Tanaman Kontroversial yang Konon Punya Banyak Manfaat

6 Fakta Daun Kratom, Tanaman Kontroversial yang Konon Punya Banyak Manfaat

Jakarta

Daun kratom belakangan menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Terlebih, setelah Kepala Negara Joko Widodo menginstruksikan Badan Pengawas Resep dan Makanan (BPOM) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk meneliti tentang manfaat tanaman ini.

Kratom atau Mitragyna speciosa Merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Sejak lama, tanaman ini dimanfaatkan sebagai Resep tradisional oleh masyarakat lokal.

Di Indonesia, kratom banyak ditemukan di hutan Kalimantan. Daun ini mengandung Sebanyaknya senyawa aktif yang dapat Menyajikan efek terapeutik. Beberapa senyawa utama yang terkandung pada kratom antara lain mitragynine, 7-hydroxymitragynine, corynantheidine, paynantheine, speciociliatine, mitraphylline, dan speciogynine.


Meski punya potensi sebagai Resep herbal, kratom Bahkan menuai Perdebatan karena memiliki efek memabukkan dan berpotensi masuk golongan narkotika.

Berikut fakta-fakta tentang daun kratom yang jarang diketahui orang-orang.



ADVERTISEMENT

1. Meredakan Nyeri

Daun kratom sering digunakan sebagai pereda nyeri alami. Ini berkat kandungan alkaloid yang ada di daun kratom, seperti mitragynine dan 7-hydroxymitragynine yang punya efek antiinflamasi dan antinyeri.

Daun kratom Bahkan dapat digunakan untuk meredakan nyeri akut dan kronis, seperti yang disebabkan oleh arthritis dan fibromyalgia.

2. Mengatur Kadar Gula Darah

Studi menunjukkan daun kratom memiliki potensi untuk Membantu menurunkan kadar gula darah. Bahkan, tanaman ini Pernah berlangsung dimanfaatkan sebagai Resep tradisional untuk mengatasi diabetes.

3. Mengatasi Kecanduan Opioid

Kratom sering digunakan sebagai Resep tradisional untuk mengatasi kecanduan opioid. Opioid merupakan Resep-obatan yang berasal dari atau memiliki sifat yang mirip dengan zat-zat yang ditemukan pada tumbuhan opium.

4. Meredakan Ansietas dan Depresi

Penelitian menemukan kratom dapat menyebabkan efek sedatif dan bekerja layaknya Resep antidepresan atau penenang. Hal ini dipercaya dapat Membantu meredakan kecemasan dan depresi.

Terlebih lagi, kratom Bahkan diyakini dapat Memanfaatkan suasana hati.

5. Bisa Dikonsumsi dengan Berbagai Tips

Ada banyak Tips untuk mengonsumsi daun kratom. Selain dikunyah langsung, daun ini Bahkan bisa diolah menjadi teh, atau Pendukung Kesehatan dalam bentuk pil dan bubuk.

Terlebih lagi, ada Bahkan orang-orang yang mengonsumsi kratom dengan Tips dihisap seperti rokok.

6. Punya Efek Memabukkan

Mitragynine yang terkandung dalam daun kratom dapat memengaruhi kinerja otak dan sistem saraf. Pada dosis tinggi, senyawa ini dapat menyebabkan efek psikoaktif yang mirip dengan opioid, sehingga berpotensi menimbulkan kecanduan.

Karenanya, penggunaan kratom Pernah berlangsung dilarang di beberapa negara, seperti Denmark, Polandia, Finlandia, Australia, Malaysia, dan Singapura.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 6 Fakta Daun Kratom, Tanaman Kontroversial yang Konon Punya Banyak Manfaat