7 Dampak Makan Ikan Lele, Jantung yang Sehat Sampai sekarang Risiko Radang Usus

7 Dampak Makan Ikan Lele, Jantung yang Sehat Sampai sekarang Risiko Radang Usus

Jakarta

Ikan lele memiliki daging yang lembut, gurih, mudah diolah dengan berbagai Trik dan bumbu. Tak heran Bila ikan lele menjadi lauk favorit bagi banyak orang.

Ikan lele Bahkan mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat. Nanti akan tetapi, lele bisa berdampak buruk bagi kesehatan Bila dikonsumsi secara berlebihan.

Dampak Baik Makan Ikan Lele

Ikan lele merupakan sumber asam omega, vitamin B12, vitamin D dan protein yang baik. Ditambah lagi dengan, ikan ini rendah merkuri dan lemak. Mengutip Livestrong, berikut manfaat makan ikan lele


1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Otak

Lele merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Misal asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) yang baik untuk kesehatan otak, jantung, sistem kekebalan tubuh, dan mata.

2. Menjaga Fungsi Saraf

Ikan lele Bahkan merupakan sumber vitamin B12 yang berguna bagi tubuh. Nutrisi ini penting dalam produksi DNA dan menjaga fungsi saraf serta sel darah.

3. Mendukung Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Lele mengandung vitamin D yang Mendukung tubuh menyerap kalsium untuk menjaga kepadatan tulang. Manfaat lainnya Merupakan menjaga fungsi kekebalan tubuh dan mengatur pertumbuhan sel.

4. Menekan Risiko Tercemar Merkuri

Lele Merupakan salah satu ikan dengan kandungan merkuri rendah, sehingga menekan risiko tercemar zat berbahaya tersebut ketika dikonsumsi. Badan pengawas Resep dan makanan Amerika memilih lele, sebagai ikan rendah merkuri, untuk dikonsumsi tiap minggu.

5. Mendukung Diet

Ikan lele hanya mengandung 98 kalori dalam porsi 100 gram. Sehingga, ikan ini menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang Ingin menjaga berat badan.

6. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi per Hari

Ikan lele menjadi lauk pilihan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi per hari untuk usia anak dan dewasa. Dalam 100 gram lele, ada 13 gram protein yang sangat penting untuk memelihara dan menumbuhkan sel dan jaringan. Lele Bahkan minim lemak jenuh sehingga baik untuk kesehatan.

Dampak Buruk Makan Ikan Lele

Efek samping ikan lele berisiko terjadi pada tubuh, Bila ikan lele dikonsumsi berlebihan. Secara umum, Kemenkes menyarankan konsumsi ikan per minggu Merupakan 2-4 porsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Dampak buruk makan ikan lele secara berlebihan Merupakan:

  1. Peningkatan risiko radang usus akibat kandungan asam lemak omega-6 dalam lele.
  2. Risiko cemaran risiko merkuri yang bisa memberi Dampak Negatif pada tumbuh kembang anak.

Besarnya risiko makan ikan lele Bahkan berasal dari pengolahan dengan Berlebihan gula, garam, dan lemak. Sumber risiko lainnya Merupakan lalapan yang tidak dicuci bersih, atau sambal terlalu pedas.

Kandungan Nutrisi Ikan Lele

Setiap 159 gram ikan lele mengandung beragam vitamin dan mineral. Berikut daftarnya:

  • Vitamin E: 10 persen dari DV (nilai harian) -Tiamin (vitamin B1): 38 persen dari DV -Riboflavin (vitamin B2): 7 persen dari DV
  • Niasin (vitamin B3): 18 persen dari DV -Asam Pantotenat (vitamin B5): 10 persen dari DV
  • Vitamin B6: 15 persen dari DV -Vitamin B12: 65 persen dari DV -Tembaga: 8 persen dari DV-Magnesium: 9 persen dari DV-Fosfor: 32 persen dari DV
  • Kalium: 14 persen dari DV
  • Selenium: 29 persen dari DV-Seng: 8 persen dari DV
  • Protein: 49 persen dari DV

Selain kandungan ini, ikan lele Bahkan mengandung Sebanyaknya kecil vitamin dan mineral penting. Mulai dari vitamin A, folat, kalsium, zat besi, mangan, dan kolin.

Itulah beberapa dampak makan ikan lele yang bisa bermanfaat atau berisiko untuk kesehatan tubuh. Ikan lele bisa dikonsumsi beriringan dengan sumber protein hewani lain yang sesuai kebutuhan nutrisi per hari.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 7 Dampak Makan Ikan Lele, Jantung yang Sehat Sampai sekarang Risiko Radang Usus