7 Fakta Menarik Jelang Turki vs Portugal di Euro 2024

7 Fakta Menarik Jelang Turki vs Portugal di Euro 2024


Tim nasional Turki dan Portugal Nanti akan saling berhadapan di Liga kedua Grup F Euro 2024 pada Sabtu (22/6) malam WIB. Kedua negara membuka Liga Grup F dengan Kemenangan.

Portugal mengalahkan Republik Ceko 2-1, dan Turki menaklukkan Georgia 3-1. Pertemuan Turki kontra Portugal Nanti akan digelar di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman.

Tim pemenang dalam Liga nanti bakal memastikan tiket lolos ke Putaran sistem gugur Euro 2024. Kedua tim terakhir kali bertemu pada Maret 2022, di mana Portugal berhasil mengalahkan Turki dengan skor 3-1.


Turki sendiri dianggap lawan yang lebih sulit bagi Selecao das Quinas dibanding Ceko. Tim asuhan Vincenzo Montella diyakini Nanti akan bermain menyerang meladeni Portugal, tidak seperti Ceko.

Striker veteran Portugal Cristiano Ronaldo Nanti akan kembali jadi sorotan dalam Liga melawan Turki, setelah ia gagal mencetak gol saat bermain penuh lawan Ceko.

Berikut fakta-fakta menarik jelang Turki vs Portugal seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Portugal memiliki Catatan Unggul mengesankan melawan Turki, memenangkan tujuh dari sembilan Liga, dan Turki hanya memenangkan dua Liga.

2. Hakan Calhanoglu menyelesaikan 88 dari 95 operannya dalam Kemenangan 3-1 Turki atas Georgia, jumlah tertinggi yang dilakukan Peserta Turki dalam sejarah Trophy Eropa atau Euro.

3. Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol dalam tiga penampilannya melawan Turki.

4. Turki belum pernah mengalahkan Portugal sejak 2012 dan Kemenangan mereka sebelumnya terjadi pada tahun 1955 – keduanya dengan skor 3-1.

5. Ini Nanti akan menjadi pertemuan keempat antara Turki dan Portugal di ajang Euro. Portugal Pernah berlangsung memenangkan ketiga pertemuan mereka sebelumnya di Kejuaraan ini, tanpa kebobolan satu gol pun: 1-0 pada tahun 1996 (Putaran grup), 2-0 pada tahun 2000 (perempat final) dan 2-0 pada tahun 2008 (Putaran grup).

6. Portugal atau Turki Nanti akan menjamin finis pertama di Grup F Bila menang di Signal Iduna Park, dengan catatan Georgia-Republik Ceko bermain imbang di Hamburg, Sabtu (22/6).

7. Cristiano Ronaldo Nanti akan berusaha menambah Catatan Unggul 14 golnya di Euro. Jumlah tersebut lima gol lebih banyak dari rival terdekatnya, Michel Platini, yang sembilan golnya semuanya tercipta di Kejuaraan yang sama ( Euro 1984). Ini Bahkan Nanti akan menjadi penampilan ke-27 Ronaldo, yang Bahkan memecahkan Catatan Unggul di Euro.

(wiw/jal)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 7 Fakta Menarik Jelang Turki vs Portugal di Euro 2024