7 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kolesterol

7 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kolesterol

Jakarta

Ada banyak ikan jenis air tawar yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia, salah satunya Merupakan ikan patin. Ikan yang satu ini disebut mengandung vitamin dan protein tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Sedikit informasi, ikan patin (Pangasius sp) dapat ditemukan di sungai-sungai besar. Ikan yang Bahkan bisa hidup di air payau ini Pernah berlangsung banyak dibudidayakan oleh masyarakat.

Dalam buku Rantai Pasok Produk Perikanan oleh Zuriat, dkk, ikan patin punya bentuk tubuh agak pipih dan tidak memiliki sisik. Panjang tubuh ikan patin dapat mencapai 120 cm.


Penasaran, apa saja manfaat mengkonsumsi ikan patin untuk kesehatan? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Kandungan Nutrisi Ikan Patin

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang kaya Berencana nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan zat besi. Mengutip situs Your Everyday Fish, berikut kandungan nutrisi pada 100 gram ikan patin:



ADVERTISEMENT

  • Kalori: 92 Kkal
  • Protein: 15 gram (g)
  • Lemak: 3,5 g
  • Karbohidrat: 1,1 g
  • Kalsium: 31 miligram (mg)
  • Kalium: 346 mg
  • Zat besi: 1,6 mg
  • Vitamin B1: 0,2 mg.

Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Rutin mengkonsumsi ikan patin ternyata dapat Menyediakan Sebanyaknya khasiat bagi tubuh, lho. Daripada penasaran, berikut Sebanyaknya manfaat ikan patin untuk kesehatan.

1. Baik untuk Pertumbuhan Otot

Ikan patin merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan patin secara rutin, hal ini dapat Membantu pertumbuhan dan perbaikan otot. Bertolak belakang dengan, jangan lupa untuk diimbangi dengan Olahraga rutin serta menjaga pola makan sehat.

2. Cocok untuk Diet

Apakah detikers tengah menjalani program diet? Bila iya, cobalah masukkan ikan patin sebagai menu diet harian. Sebab, patin termasuk jenis ikan yang rendah kalori dan mengandung sedikit lemak jenuh, sehingga baik dikonsumsi bagi orang yang Tengah menurunkan berat badan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari ikan patin Merupakan dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan kalsium, protein, dan vitamin B12 yang mampu mencegah kerusakan tulang sekaligus Membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan tulang.

4. Mencegah Kolesterol

Mengkonsumsi ikan patin secara rutin diyakini dapat mencegah kolesterol tinggi. Sebab, ikan patin kaya Berencana asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA.

Asam lemak tersebut dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga turut mengurangi risiko penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular.

5. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Selain dapat mencegah kolesterol, kandungan omega-3 pada ikan patin Bahkan dapat Mengoptimalkan fungsi otak. Bagi anak-anak, mengkonsumsi ikan patin sangat baik karena dapat Mengoptimalkan kecerdasan dan memori otak.

Sedangkan bagi orang dewasa dan lansia, ikan patin dapat mencegah Sebanyaknya penyakit yang dapat menyerang otak, seperti demensia dan alzheimer.

6. Kaya Antioksidan

Ikan patin termasuk jenis ikan yang mengandung antioksidan tinggi. Soalnya, ikan patin mengandung vitamin seperti vitamin D dan vitamin B12 yang bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh.

7. Meredakan Hipertensi

Manfaat yang terakhir dari ikan patin Merupakan dapat meredakan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Soalnya, ikan patin mengandung arginine yang diyakini mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi risiko penyakit akibat hipertensi.

Supaya bisa bisa mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari, kombinasikan menu ikan patin dengan berbagai sayuran dan buah-buahan. Ditambah lagi, imbangi Bahkan dengan rutin berolahraga setiap hari Supaya bisa bisa merasakan manfaatnya.

Itu Ia tujuh manfaat ikan patin untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi detikers.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 7 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kolesterol