7 Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi yang Mudah Ditemukan, Ada Bayam-Timun

7 Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi yang Mudah Ditemukan, Ada Bayam-Timun

Jakarta

Ada beragam Tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal. Selain dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga, menurunkan kolesterol Bahkan dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat, seperti mengonsumsi sayuran.

Sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan kolesterol? Kolesterol Merupakan zat lilin alami yang diproduksi oleh sel-sel hati. Kolesterol Bahkan dapat diperoleh dari makanan, seperti daging, kuning telur, udang, dan lain sebagainya.

Kolesterol Kenyataannya dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi vitamin D, hormon, serta Membantu proses pembentukan sel. Tapi Seandainya jumlahnya Berlebihan, kolesterol dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. Terutama, kolesterol jahat atau yang disebut Bahkan low-density lipoprotein (LDL).


Dikutip dari berbagai sumber, berikut sayuran penurun kolesterol yang bisa didapat dengan mudah sehari-hari.

1. Bayam

Serat Merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol. Serat, terutama serat larut, dapat menurunkan kolesterol dengan Tips mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.



ADVERTISEMENT

Bayam termasuk sayuran yang tinggi Nanti akan serat. Satu cangkir bayam dapat mengandung sekitar 6 gram serat, yang tentunya sangat bermanfaat dalam Membantu menurunkan kolesterol. Inilah alasan mengapa bayam menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol yang kerap direkomendasikan.

2. Kangkung

Seperti halnya bayam, kangkung Bahkan mengandung serat larut yang berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Sayuran hijau seperti kangkung Bahkan mengandung antioksidan yang dapat mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga mengurangi akumulasi kolesterol dalam darah.

3. Brokoli

Sayuran penurun kolesterol berikutnya Merupakan brokoli. Sayuran ini mengandung serat larut yang dapat menekan kadar kolesterol LDL dalam darah. Ditambah lagi, brokoli Bahkan mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Wortel

Berbicara soal khasiat wortel, Mungkin yang pertama terlintas Merupakan kesehatan mata. Berbeda dari, sayuran oranye ini ternyara Bahkan bisa Membantu menurunkan kolesterol loh.

Ini berkat senyawa beta karoten BCO1 yang ada pada wortel. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2021 menyebutkan BCO1 Merupakan senyawa aktif yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah.

5. Tomat

Selain kaya Nanti akan vitamin, tomat mengandung antioksidan bernama likopen. Likopen Merupakan senyawa yang Menyediakan warna merah pada tomat.

Berbeda dari tak hany itu, likopen Bahkan dapat Membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian menemukan asupan likopen sebanyak 25 mg setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

6. Timun

Sayuran penurun kolesterol lainnya Merupakan timun. Timun mengandung serat tinggi yang dapat memperlambat proses penyerapan lemak di sistem pencernaan, sehingga secara tidak langsung Membantu menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

Timun Bahkan mengandung kalium (potasium) dan magnesium yang dapat Membantu menstabilkan tekanan darah.

7. Kubis Brussel

Kubis brussel sering dianggap sebagai ‘makanan super’ untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, termasuk menurunkan kolesterol. Pasalnya, kubis brussel mengandung serat larut tinggi yang mampu mengikat kolesterol saat berada di dalam sistem pencernaan.

Ditambah lagi, kubis brussel Bahkan daoat Membantu menyeimbangkan kadar garam dalam darah, sehingga mencegah risiko hipertensi.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 7 Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi yang Mudah Ditemukan, Ada Bayam-Timun