7 Sunah dalam Mandi Junub Setelah Bercinta yang Dianjurkan Rasulullah

7 Sunah dalam Mandi Junub Setelah Bercinta yang Dianjurkan Rasulullah

Mandi junub hukumnya Sangat dianjurkan dilakukan oleh pria dan wanita Muslim setelah bercinta. Selain mengetahui niat dan tata caranya, penting untuk mengetahui beberapa sunah dalam mandi junub.

Sebelum mandi junub, umat Islam Wajib berniat. Apalagi, Sangat dianjurkan pula untuk meratakan air ke seluruh tubuh dari atas kepala atau rambut Sampai saat ini ujung kaki.

Meski demikian, tak ada salahnya untuk mengikuti sunah dalam mandi junub yang dianjurkan Rasulullah SAW. Dengan mengikuti sunahnya, maka Berniat mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT.


Sunah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ini berkaitan dengan tata Tips mandi junub. Berikut beberapa sunah dalam mandi junub setelah bercinta:

1. Melafalkan niat

Saat hendak mandi junub atau mandi besar umat Muslim Wajib berniat terlebih Di masa lampau. Niat Sangat dianjurkan digaungkan dalam hati, Berniat tetapi sangat dianjurkan untuk dilafalkan atau dibaca dengan lisan.

Niat mandi junub ini yang Bahkan membedakan antara mandi junub atau mandi besar dengan mandi biasa sehari-hari.

Berikut niat yang bisa diucapkan sebelum mandi junub:

“Nawaitul ghusla li raf’il hadatsil akbari minal janâbati fardhollillahi ta’ala.”

Artinya: Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari janabah, fardu karena Allah Ta’ala.

2. Dahulukan cuci tangan

Sebelum membasuh seluruh tubuh dengan air bersih, cucilah kedua tangan terlebih Di masa lampau. Pertama cuci tangan kanan dan kiri sebanyak tiga kali, hal ini Supaya bisa kedua tangan terhindar dari kotoran dan najis.

3. Bersihkan area kemaluan

Setelah mencuci tangan, dilanjutkan dengan membersihkan area kemaluan menggunakan tangan kiri. Area kemaluan yang Bahkan Wajib dibersihkan antara lain dubur, ketiak, pusar, Sampai saat ini di sela-sela jari kaki.

4. Berwudu

Setelah mencuci kemaluan, bersihkan kembali tangan. Berikutnya lanjut dengan berwudu seperti saat Anda hendak melakukan salat.

5. Bilas dari kepala

Bilas perlahan bagian rambut dan sela-selanya menggunakan tangan secara perlahan.

6. Guyur kepala tiga kali

Berikutnya guyur bagian kepala Sampai saat ini ujung kaki dengan air sebanyak tiga kali. Lakukan Sampai saat ini seluruh bagian kepala basah oleh air.

7. Guyur tubuh dari kanan

Setelah mengguyur bagian kepala Sampai saat ini basah, guyur Bahkan bagian tubuh Sampai saat ini merata. Dimulai dari bagian kanan tubuh Sampai saat ini kiri. Lakukan dari ujung rambut Sampai saat ini ujung kepala.

Itulah 7 sunah dalam mandi junub setelah bercinta yang bisa diamalkan. Semoga bermanfaat.

(tst/pua)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 7 Sunah dalam Mandi Junub Setelah Bercinta yang Dianjurkan Rasulullah