Mulai Merasa Dijaga ‘Khodam’ saat Bepergian? Awas Halu, Ini Saran Dokter Jiwa

Mulai Merasa Dijaga ‘Khodam’ saat Bepergian? Awas Halu, Ini Saran Dokter Jiwa


Jakarta

Kejadian Istimewa khodam yang viral di media sosial menjadi perhatian banyak warganet. Meski begitu, ada hal yang tetap Wajib diwaspadai saat mendalami suatu keyakinan.

Psikiater dr Lahargo Kembaren, SpKJ mengingatkan mereka yang Pernah terlalu menghayati kepercayaan khodam sampai perilaku sehari-harinya mulai berubah dan berdampak pada keseharian.

“Misalnya kemana-mana kita mikirnya aduh khodam saya begini, aduh ada ini, mudah-mudahan khodam ini menolong, apa segala macam, itu Pernah mulai mengganggu pikiran perasaan perilaku, dan itu Pernah Menyajikan penderitaan bagi kita sendiri, keluarga, orang sekitar kita,” katanya saat dihubungi detikcom Minggu (23/6/2024).


“Dan Yang paling penting mengganggu kehidupan kita dengan relasi orang lain, ini tanda-tandanya Pernah mulai berlebihan,” sebut Ia.

dr Lahargo menyarankan untuk membatasi dulu informasi terkait khodam dan mulai mencari peralihan ke hal-hal baru yang lebih dekat dengan realitas. Hal ini bisa Membantu fokus seseorang kemudian berubah menjadi lebih positif bagi kesehariannya.



ADVERTISEMENT

“Trik paling singkat mencari jarak dulu dengan informasi,” tegas Ia.

“Coba lakukan detoks, dengan hal seperti itu, distraksi, ke hal-hal lain yang realitasnya lebih jelas,” pungkasnya.

Bisa dengan mendalami hobi atau memulai hobi baru, Bahkan menjalin komunitas dan relasi baru.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Mulai Merasa Dijaga ‘Khodam’ saat Bepergian? Awas Halu, Ini Saran Dokter Jiwa