Dramatis, Gol Injury Time Zaccagni Bawa Italia ke 16 Besar Euro 2024

Dramatis, Gol Injury Time Zaccagni Bawa Italia ke 16 Besar Euro 2024


Italia lolos ke Putaran 16 besar Euro 2024 usai bermain imbang 1-1 berkat gol dramatis Mattia Zaccagni pada Liga terakhir Grup B Euro 2024 di Arena Pertandingan Leipzig, Selasa (25/6) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Italia lolos mendampingi Spanyol sebagai juara grup. Spanyol menempati posisi juara grup dengan sembilan Skor diikuti Italia dengan torehan empat Skor.

Kroasia langsung menebar ancaman saat Liga baru empat menit berjalan. Tembakan keras kaki kiri dilepaskan Luka Sucic ke sisi kanan Penjaga gawang dari luar kotak Tendangan penalti yang membuat Gianluigi Donnarumma Dianjurkan terbang untuk menggagalkan peluang tersebut.


Italia baru mendapatkan peluang pertama pada menit ke-21. Sundulan Mateo Retegui memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan masih berada tipis di sisi kiri Penjaga gawang lawan.

Penjaga gawang Kroasia Dominik Livakovic membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-27. Dengan Fantastis ia menggagalkan sundulan Alessandro Bastoni dari jarak dekat sehingga hanya berbuah sepak pojok.

Upaya keras coba dilakukan kedua tim untuk bisa Terdepan di Liga ini. Justru Sampai saat ini Putaran pertama selesai skor imbang tanpa gol tidak berubah.

Kroasia tampil lebih baik begitu kick off Putaran kedua. Upaya Kroasia mencetak gol berbuah tendangan Tendangan penalti setelah tembakan Andrej Kramaric di kotak Tendangan penalti membentur lengan Davide Frattesi.

Hakim Laga Laga asal Belanda, Danny Makkelie lebih dulu melakukan pengamatan lewat Video Assistant Referee (VAR). Sang pengadil lantas menunjuk titik Tendangan penalti untuk Kroasia pada menit ke-54.

Luka Modric maju sebagai eksekutor. Justru, tendangan Olahragawan Real Madrid itu ke sisi kanan bisa dibaca dengan baik oleh Donnarumma.

Kroasia gagal menceak gol. Tetapi 32 detik berselang Modric membayar lunas kegagalannya.

Bola rebound dari tendangan Ante Budimir yang dimentahkan Donnarumma bergulir di muka Penjaga gawang dan tanpa ampun ditendang Modric menggunakan kaki kiri untuk membuat Penjaga gawang Italia bergetar. Skor pun berubah jadi 1-0.

Italia merespons gol yang dicetak Kroasia. Satu peluang didapat Bastoni melalui sundulan memanfaatkan umpan silang tetapi masih berada tipis di atas mistar Penjaga gawang Kroasia.

Perubahan coba terus dilakukan Manajer Luciano Spalletti. Federico Chiesa, Gianluca Scamacca, dan Zacagni.

Pergantian Olahragawan ini Pada Pada intinya berbuah manis. Zaccagni mampu membobol Kroasia lewat tendangan melengkung ke tiang jauh yang mengubah skor jadi 1-1 pada menit terakhir masa injury time Putaran kedua.

Susunan Olahragawan

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Stanisic, Josip Sutalo, Marin Pongracic, Josko Gvardiol; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Luka Sucic, Andrej Kramaric, Mario Pasalic

Italia (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Alessandro Bastoni, Riccardo Calafiori, Matteo Darmian; Nicolo Barella, Jorginho; Giacomo Raspadori, Lorenzo Pellegrini, Federico Dimarco; Mateo Retegui

(jal/jal)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Dramatis, Gol Injury Time Zaccagni Bawa Italia ke 16 Besar Euro 2024