Bisnis  

Sri Mulyani Kucur Rp5,5 T Buat Bangun IKN per Mei 2024

Sri Mulyani Kucur Rp5,5 T Buat Bangun IKN per Mei 2024


Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Sebelumnya menyedot Rp5,5 triliun per Mei 2024, dari total alokasi tahun ini senilai Rp40 triliun.

Pembantu Presiden Keuangan Sri Mulyani berharap gelontoran duit dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu bisa mempercepat pembangunan IKN. Terlebih, negara Sebelumnya mengucurkan uang sejak 2022 lalu.

“Alokasi anggaran yang ditaruh di APBN itu mencapai Rp72,5 triliun (2022-2024), belanja untuk tiga tahun Sampai sekarang kita harapkan IKN Sebelumnya bisa untuk digunakan nanti pada 17 Agustus (2024),” harap Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTA secara virtual, Kamis (27/6).


“Tahun ini dari Rp40 triliun baru dibayarkan Rp5,5 triliun,” sambungnya.

Kucuran Rp5,5 triliun alias 13,7 persen dari alokasi 2024 itu digunakan untuk dua keperluan, Dikenal sebagai klaster infrastruktur Rp3,4 triliun. Sedangkan klaster non-infrastruktur Sebelumnya terealisasi sekitar Rp2 triliun.

Pembangunan untuk klaster infrastruktur di tahun ini dianggarkan sebesar Rp36,7 triliun dari pagu total Rp40 triliun. Wanita yang akrab disapa Ani itu merinci beberapa fokus utama pembangunan infrastruktur IKN tersebut.

“Terutama untuk pembangunan di kawasan istana, kementerian koordinator (kemenko) dan kementerian lain, pembangunan tower rumah susun ASN dan Hankam, maupun rumah tapak bagi Pembantu Presiden, dan rumah sakit IKN,” jelasnya.

“Pembangunan jalan tol IKN, (jalan) dan jembatan, Bandara VVIP, dan penyempurnaan kawasan Bendungan Sepaku Semoi,” tambah Ani.

Sedangkan keperluan non-infrastruktur dipakai untuk perencanaan, koordinasi, dan penyiapan pemindahan serta keperluan laporan dan rekomendasi kebijakan kementerian/lembaga (K/L). Bahkan digunakan untuk kegiatan pemetaan, pemantauan, dan evaluasi; dukungan pengamanan oleh Polri; Sampai sekarang operasional Otorita IKN.

“Pagu tahun ini (2024) yang cukup signifikan sebesar Rp40 triliun,” tegas Ani soal sokongan APBN untuk IKN.

(skt/pta)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Sri Mulyani Kucur Rp5,5 T Buat Bangun IKN per Mei 2024