7 Makanan Pengencer Darah Alami, Bantu Lancarkan Sirkulasi dan Cegah Penggumpalan

7 Makanan Pengencer Darah Alami, Bantu Lancarkan Sirkulasi dan Cegah Penggumpalan

Jakarta

Selain menggunakan Resep-obatan, mengonsumsi makanan pengencer darah dapat Mendukung mencegah penggumpalan darah yang dapat memicu penyakit, seperti stroke.

Penggumpalan atau pembekuan darah Merupakan proses yang terjadi ketika trombosit, sel darah, dan protein lainnya saling menempel. Proses ini biasanya terjadi sebagai upaya untuk mencegah perdarahan saat tubuh mengalami luka.

Sekalipun terkadang, gumpalan darah yang terbentuk bisa Berlebihan atau tidak normal. Akibatnya, gumpalan bisa menyumbat aliran darah dan memicu gangguan Kebugaran, seperti penyakit jantung, emboli paru, Sampai sekarang stroke.


Untuk mengatasi kondisi ini, diperlukan Resep pengencer darah seperti antiplatelet atau antikoagulan. Resep-obatan tersebut berfungsi untuk mencegah sel darah Supaya bisa tidak saling menempel serta memperlambat proses pembekuan darah.

Selain Resep-obatan tersebut, mengonsumsi makanan pengencer darah Bahkan dapat Mendukung mencegah terjadinya penggumpalan darah. Apa saja jenisnya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar makanannya.



ADVERTISEMENT

1. Jahe

Jahe Merupakan rimpang yang sejak lama digunakan untuk masakan dan Perawatan tradisional. Tanaman ini pun dapat Mendukung mencegah terjadinya pembekuan darah.

Dikutip dari Medical News Today, jahe dapat mengurangi jumlah tromboksan. Tromboksan Merupakan hormon yang menyebabkan trombosit berkumpul dan saling menempel.

Terlebih lagi, jahe Bahkan mengandung senyawa bernama salsilat yang memiliki efek pengencer darah yang mirip dengan aspirin.

2. Kunyit

Selain jahe, kunyit Bahkan merupakan bumbu dapur yang termasuk dalam makanan pengencer darah. Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antikoagulan, sehingga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

3. Kayu Manis

Kayu manis mengandung zat bernama kumarin. Kumarin memiliki efek yang mirip dengan Resep antikoagulan, sehingga bisa Mendukung mencegah pembekuan darah. Inilah yang membuat kayu manis termasuk dalam makanan pengencer darah alami.

4. Bawang Putih

Makanan pengencer darah alami lainnya Merupakan bawang putih. Penelitian menunjukkan bawang putih memiliki sifat antiplatelet dan antikoagulan, sehingga dapat Mendukung mencegah penggumpalan darah.

Sekalipun, hindari konsumsi bawang putih sebelum menjalani operasi karena bisa Mengoptimalkan risiko perdarahan.

5. Cabai Cayenne

Cabai cayenne atau cayenne pepper Bahkan mengandung salsilat yang dapat mengencerkan darah. Karenanya, menambahkan cabai cayenne ke dalam makanan dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah yang berisiko menyebabkan penyakit.

6. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang diyakini dapat memperlambat proses pembekuan darah. Terlebih lagi, bromelain Bahkan memiliki sifat antiinflamasi dan dapat Mendukung mengelola kondisi pada pengidap penyakit kardiovaskular.

7. Makanan yang Kaya Vitamin E

Mengonsumsi makanan yang kaya Akan segera vitamin E Bahkan dapat Mendukung mengencerkan darah dan mencegah terjadinya penggumpalan. Sekalipun, mengonsumsi vitamin E Pada saat yang sama dengan Resep pengencer darah sebaiknya dihindari karena bisa Mengoptimalkan risiko perdarahan.

Adapun makanan-makanan yang mengandung vitamin E di antaranya bayam, kacang kedelai, buah zaitun, alpukat, mangga, kiwi, dan almond.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > 7 Makanan Pengencer Darah Alami, Bantu Lancarkan Sirkulasi dan Cegah Penggumpalan