Momen Jokowi Pamerkan Konservasi Bakau ke Perwakilan World Water Forum

Momen Jokowi Pamerkan Konservasi Bakau ke Perwakilan World Water Forum


Kepala Negara RI Joko Widodo (Jokowi) dan pemimpin negara peserta World Water Forum (WWF) ke-10 mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali pada Senin (20/5) sore.

Pantauan  CNNIndonesia.com di Tempat, Jokowi dan para Perwakilan datang ke Tahura Ngurah Rai sekitar pukul 15.50 WITA. Jokowi yang hadir terlebih dulu menyambut para kepala Perwakilan di pendopo area konservasi mangrove itu.

Usai semua Perwakilan hadir, para pemimpin negara ini berkeliling area tanaman mangrove yang terletak di sepanjang muara yang didukung dengan teknologi kelistrikan pembangkit tenaga surya.


Fasilitas tersebut dilengkapi dengan area panel surya yang berfungsi sebagai landasan pembangkit listrik di berbagai area konservasi mangrove atau bakau.

Tahura Ngurah Rai merupakan kawasan rehabilitasi dan konservasi hutan mangrove. Kawasan ini mengimplementasikan prinsip ajaran Bali, Tri Hita Karana, yang mengedepankan keseimbangan hubungan antara Tuhan, manusia, dan alam.

Berbeda dari saat KTT Kerjasama Ekonomi Internasional tahun 2022 lalu, kali ini Jokowi dan pemimpin negara peserta WWF-10 tidak menanam mangrove secara langsung. Mereka terpantau hanya Menyajikan bibit pohon kepada anak-anak sebagai simbol generasi penerus upaya konservasi lingkungan.

“Kegiatan penyerahan bibit dan penanaman pohon di Tahura merupakan pencerminan tekad bersama untuk memajukan kerja sama dan aksi nyata untuk pembangunan global,” ujar Jokowi usai pemberian bibit.

Kepala Negara Jokowi Mendukung memfoto utusan khusus Prancis, Barbara Pompii di Tahura Ngurah Rai. (CNN Indonesia/Loamy Noprizal)

Tak hanya melakukan kunjungan, Jokowi dan para pemimpin negara World Water Forum ke-10 Bahkan melihat dan mendapatkan penjelasan mengenai proyek Cirata Solar Panel.

Cirata Solar Panel yang ada di Jabar itu merupakan pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di Asia Tenggara, kerja sama Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA).

Ketertarikan Perwakilan atas mangrove

Salah satu pimpinan Perwakilan World Water Forum yang ikut ke tahura tampak menunjukkan ketertarikannya terhadap mangrove. Ia Merupakan Utusan Khusus Prancis Barbara Pompili.

Di akhir kunjungan, Pompili tampak memotret dari dekat tanaman mangrove yang masih cukup muda. Melihat hal tersebut, Jokowi lantas Menyajikan diri untuk memotret Perwakilan Prancis tersebut.

(lom/kid)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Momen Jokowi Pamerkan Konservasi Bakau ke Perwakilan World Water Forum