7 Menu Makanan Sehat untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Menu Makanan Sehat untuk Usia 50 Tahun ke Atas

  • Rekomendasi menu sehat untuk usia 50-an

Memasuki usia tua, Sebelumnya seharusnya menjaga tubuh tetap sehat dan Segar.

Dalam hal ini, nutrisi berperan penting. Perhatikan menu sehat untuk usia 50 tahun ke atas berikut ini.

Pada umur yang kian menua, umumnya manusia Akan segera mengalami berbagai perubahan tubuh seperti melambatnya metabolisme, menurunnya kadar hormon, dan meningkatnya kebutuhan nutrisi tertentu.


Pada usia tua, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi untuk Membantu Kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Dikutip dari National Library of Medicine, ketika memasuki usia 50 tahun, massa otot cenderung berkurang sebesar 3-8 persen per dekade setelah usia 30 tahun.

Proses alami ini mengakibatkan hilangnya jaringan otot sehingga penting untuk mengonsumsi makanan yang bisa Membantu pertumbuhan jaringan otot di masa tua.

Mengutip berbagai sumber, berikut Merupakan rekomendasi menu sehat untuk usia 50 tahun ke atas.

1. Buah beri

Buah beri kaya Akan segera serat, vitamin C, dan antioksidan flavonoid yang Membantu menjaga Kebugaran usus, mengatur berat badan, dan melindungi dari penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Buah beri Bahkan baik untuk otak, Membantu Mengoptimalkan keterampilan motorik dan memori jangka pendek. Asupan buah beri Bahkan dapat mengurangi risiko demensia dan penyakit kardiovaskular.

2. Sayuran hijau

Sayuran seperti kangkung, brokoli, dan bayam kaya Akan segera kalsium dan serat. Semua nutrisi ini penting untuk Kebugaran tulang dan otot di masa tua.

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau setiap hari dapat Mengoptimalkan kekuatan otot dan mengurangi risiko penyakit jantung serta demensia.

3. Makanan laut

Ikan seperti salmon dan tuna Merupakan sumber asam lemak omega-3, yang baik untuk Kebugaran otak dan jantung.

Mengonsumsi makanan laut dua Sampai saat ini tiga porsi per minggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Makanan ini Bahkan kaya Akan segera asam lemak omega-3 yang melindungi otak.

Mengonsumsi kacang-kacangan dalam porsi yang cukup setiap hari dapat Membantu mengurangi kolesterol dan Menyajikan manfaat Kebugaran lainnya.

5. Keju cottage

Keju cottage Merupakan sumber protein hewani yang baik, Membantu merangsang sintesis protein otot. Keju ini Bahkan tinggi kalsium dan vitamin D, yang penting untuk pemeliharaan kepadatan tulang pada usia tua.

6. Air mineral

Hidrasi yang baik sangat penting seiring bertambahnya usia. Mengonsumsi cukup air dapat Membantu melawan efek penurunan fungsi usus dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

7. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Mengonsumsi alpukat dua porsi per minggu dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Jadi, itu Merupakan menu sehat untuk usia 50 tahun ke atas. Memperhatikan asupan makan dan memastikan nutrisi tubuh cukup dapat berpengaruh pada kualitas hidup yang baik.

(sya/asr)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 7 Menu Makanan Sehat untuk Usia 50 Tahun ke Atas