Bisnis  

Ma’ruf Amin Resmikan Bendungan Cipanas Senilai Rp2 T

Ma’ruf Amin Resmikan Bendungan Cipanas Senilai Rp2 T


Wakil Pemimpin Negara (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan Bendungan Cipanas di Sumedang Jabar pada hari ini, Selasa (5/7).

Ma’ruf mengatakan keberadaan bendungan bukan cuma berfungsi sebagai sumber air baku, melainkan memiliki banyak peran strategis Mendukung kehidupan manusia dan perekonomian.

Ia mencontohkan bendungan selama ini Mendukung suplai air ke lahan pertanian sehingga Mengoptimalkan produksi pertanian. Terlebih lagi, bendungan dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sampai saat ini pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung.


“Bendungan Bahkan dapat digunakan sebagai sarana pengelolaan Bencana Banjir saat musim hujan dan penampungan air saat musim kemarau. Untuk itu Bendungan sangat penting dalam manajemen sumber daya air di Indonesia,” kata Ma’ruf dalam pidatonya yang disiarkan di YouTube Wakil Pemimpin Negara RI, Selasa.

Ma’ruf turut menyinggung 10 tahun terakhir ini pemerintah Pernah membangun 43 bendungan dan lebih dari 1 juta hektare jaringan irigasi. Baginya, upaya ini usaha pemerintah Mengoptimalkan pengelolaan air dan menjaga ketahanan pangan.

Ia lantas berpesan supaya Bendungan Cipanas dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Sumedang dan Indramayu, khususnya dalam dukungan produktivitas pertanian, industri dan pemenuhan air bersih serta mengurangi dampak Bencana Banjir.

Kemudian ia berpesan untuk melakukan pengelolaan dan pemeliharaan Bendungan secara baik dan berkelanjutan untuk memperpanjang usia Bendungan Cipanas.

“Unit pengelolaan Bendungan Cipanas bersama seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat sekitar Dianjurkan berkolaborasi dan bersinergi dalam menjaga dan memelihara aset infrastruktur ini. Dorong partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Bendungan secara berkelanjutan,” kata Ia.

Dikutip di laman resmi Indonesia.go.id, Bendungan Cipanas dibangun dengan total anggaran sebesar Rp2,03 triliun.

Sementara dalam keterangan resmi yang diterbitkan Setwapres, Tempat Bendungan Cipanas terletak di dua kabupaten, tepatnya di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu dan Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

(rzr/sfr)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Ma’ruf Amin Resmikan Bendungan Cipanas Senilai Rp2 T