5 Rekomendasi Kedai Teh Jakarta-Bogor, Kelas Premium Sampai saat ini Merakyat

5 Rekomendasi Kedai Teh Jakarta-Bogor, Kelas Premium Sampai saat ini Merakyat

Jakarta, CNN Indonesia

Ada kedai kopi, ada pula kedai teh. Simak rekomendasi kedai teh dengan sajian ragam teh, mulai dari yang premium sampai yang merakyat.

Hari ini, Selasa (21/5), diperingati sebagai Hari Teh Internasional.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Semula, Hari Teh Internasional memang dirayakan setiap 15 Desember. Berbeda dari India, salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia, mengusulkan perayaan ini diperluas lewat FAO Intergovernmental Group on Tea (FAO IGG on Tea).

Setelah proposal diterima dan diadopsi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2019, Hari Teh Internasional dirayakan setiap 21 Mei sejak 2020 lalu.

Kearifan Lokal minum teh memang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hanya saja, menemukan kedai teh rupanya tak semudah menemukan kedai kopi.

Oleh karenanya, berikut beberapa rekomendasi kedai teh dengan ragam sajian teh.

1. Pantjoran Tea House




Pantjoran Tea House jadi salah satu kedai teh yang direkomendasikan untuk menikmati gong fu cha, upacara minum teh ala China. (CNN Indonesia/Elise Dwi R)

Tidak Wajib bingung menemukan Pantjoran Tea House. Kedai teh berdiri persis di dekat gerbang kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat.

Kurang afdal rasanya Bila mengaku pencinta teh tapi Sama sekali tidak pernah bertandang ke Pantjoran Tea House. Kenapa?

Pantjoran Tea House menempati bangunan toko Medis Apotheek Chung Hwa yang berdiri sejak 1928. Kedai ini mempertahankan Kearifan Lokal ‘patekoan’ yang berasal dari kata China ‘pa‘ artinya delapan dan ‘te-koan‘ atau teko teh. Terdapat 8 teko teh depan kedai dan bisa dinikmati siapa pun secara gratis.

Di sini Anda Bahkan bisa menikmati teh dalam balutan upacara minum teh ala China atau gong fu cha. Pilihan teh ada beragam seperti shou mei (teh putih), gui hwa oolong (teh oolong), tai jü (teh bunga), dan an xi tie guan yin (teh oolong).

Di tengah hawa panas, teh bunga rasanya paling cocok untuk diseruput. Teh satu ini punya manfaat untuk meredakan rasa panas dan kaya vitamin.

Salah satu staf kedai mempraktikkan gong fu cha yang dimulai dari membilas alat seduh dan gelas teh, menyeduh pucuk bunga sampai teh tersaji.

Terlebih Pada masa itu, tamu dipersilakan untuk menghirup aroma teh dengan gelas khusus, baru menikmati teh dengan gelas berbeda.

Sajian teh kurang lengkap tanpa camilan. Kedai Menyajikan aneka camilan salah satunya Onde Wijen. Satu porsi terdiri dari tiga buah onde hangat dengan isian pasta kacang merah.

Menikmati teh mawar (mei guo) dalam balutan gong fu cha dibanderol Rp150 ribu (untuk dua orang). Selain makanan berat, terdapat camilan yang pas disantap bersama teh yang per porsi dibanderol Rp32 ribu.

2. Pieces of Peace




Terletak di Petak Enam, kawasan Pecinan Glodok, Pieces of Peace menyajikan teh-teh premium dan ragam racikan teh yang memikat.Terletak di Petak Enam, kawasan Pecinan Glodok, Pieces of Peace Menyajikan teh-teh premium dan ragam racikan teh yang memikat. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

Masih berada di kawasan Pecinan Glodok, terdapat kedai teh Pieces of Peace. Kedai tepatnya berdiri di lantai dua Petak Enam.

Bila Pantjoran Tea House mengusung Bohemian, Pieces of Peace mengusung suasana lebih modern dan Terkini.

Sajian minuman di sini berbahan dasar teh (tea based). Yang cukup menarik perhatian Merupakan teh racikan atau mocktail.

Coba saja Love Potion yang merupakan campuran teh bunga telang dan ekstrak anggur. Kalau ingin rasa asam lebih kuat, ada Dream Catcher di mana teh bunga telang dicampur dengan marmalade (campuran gula dan jeruk).

Ingin sajian teh yang berbeda? Pilihannya banyak seperti Green Tea Series, White Tea Series, Oolong Tea Series, Red Tea Series, Aged Puer Black Series, Herbal Tea Series, Bahkan Tea Blend.

Love Potion dan Dream Catcher masing-masing dibanderol Rp42 ribu. Sementara untuk minuman teh lain dihargai mulai dari Rp38 ribu.

Simak rekomendasi kedai teh di Jakarta dan sekitarnya yang lain di halaman berikutnya..


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 5 Rekomendasi Kedai Teh Jakarta-Bogor, Kelas Premium Sampai saat ini Merakyat