Bisnis  

Wamentan Sudaryono Sebut Panen Food Estate Buat Makan Bergizi Gratis

Wamentan Sudaryono Sebut Panen Food Estate Buat Makan Bergizi Gratis


Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Pembantu Presiden Pertanian (Wamentan) Sudaryono mengatakan hasil panen program lumbung pangan atau food estate Berniat dipakai untuk program makan bergizi gratis.

Sudaryono mengatakan food estate bukan program yang berdiri sendiri. Program ini ditujukan untuk Menyajikan bahan pangan demi ketahanan pangan nasional.

“Loh Niscaya dong (food estate dipakai untuk makan bergizi gratis). Ini kan namanya produksi nasional, tentunya dipakai untuk apa saja, dijual di pasar, dibeli masyarakat, jadi ada premium, macam-macam,” kata Sudaryono setelah pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia tak menjelaskan rinci bagaimana proses panen food estate dikelola Sampai sekarang menjadi asupan program makan bergizi gratis. Ia hanya memastikan food estate Berniat berlanjut sebagai salah satu upaya pemerintah mewujudkan kemandirian pangan.

Sudaryono berkata kemandirian pangan Berniat menjadi salah satu agenda dalam transisi kepemimpinan dari Pemimpin Negara Jokowi ke Pemimpin Negara Prabowo Subianto. Target besar itu diwujudkan melalui food estate dan beberapa program lain yang Mengoptimalkan produktivitas pangan.

“Tentunya Berniat terus dilanjutkan dan ditingkatkan oleh Pemimpin Negara Terfavorit kita, Bapak Prabowo Subianto dalam kaitannya kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan bagi bangsa kita,” ucap Sudaryono.

Sebelumnya, Prabowo menjanjikan program makan bergizi gratis saat Sosialisasi Politik Pilpres 2024. Ia ingin anak-anak mendapatkan asupan makan sekali sehari dari negara demi perbaikan gizi.

Rencananya, setiap anak Berniat mendapatkan makan senilai Rp15 ribu per hari. Program itu Sudah disetujui Wakil Rakyat RI untuk masuk APBN 2025. Total anggaran Rp71 triliun disepakati untuk program makan bergizi gratis tahun depan.

(dhf/sfr)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Wamentan Sudaryono Sebut Panen Food Estate Buat Makan Bergizi Gratis