Bisnis  

Perdagangan Masuk Negeri Pakaian Ilegal China Banjiri RI, Ini Buktinya

Perdagangan Masuk Negeri Pakaian Ilegal China Banjiri RI, Ini Buktinya


Jakarta, CNN Indonesia

Pembantu Presiden Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membentuk satuan tugas (satgas) pemberantasĀ Perdagangan Masuk Negeri ilegal. Tim tersebut rencananya bakal resmi berdiri dan beroperasi pekan ini.

Satgas pun Berencana fokus pada tujuh Barang Dagangan, Disebut juga tekstil dan produk tekstil (TPT), pakaian jadi, keramik, elektronik, Peralatan Kecantikan, barang tekstil jadi, dan alas kaki.

Terkait anggotanya, pria yang akrab disapa ZulhasĀ ini mengatakan bakal menggandeng Kejaksaan Agung (Kejagung), Polri, kementerian/lembaga terkait, dan Kadin Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Hati-hati yang ilegal, yang dagang barang Perdagangan Masuk Negeri nggak jelas hati-hati. Minggu-minggu ini kita Berencana terjang semua,” katanya di kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (17/7).

Pembentukan satgas ini Bahkan tak lepas dari desakan berbagai pihak yang mengeluh industri tekstil dalam negeri lesu. Trend Populer tersebut diklaim terjadi karena produk dalam negeri kalah saing dengan produk Perdagangan Masuk Negeri China yg lebih Hemat.

Zulhas mengatakan Sesuai ketentuan temuan awal, data Perdagangan Masuk Negeri dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan data dari negara asal berbeda. Data Penjualan Barang ke Luar Negeri ke Indonesia dari negara asal jauh lebih besar dibanding data Perdagangan Masuk Negeri di BPS. Artinya, terdapat barang ilegal yang masuk ke Indonesia.

Kendati, Zulhas tak merinci berapa perbedaan jumlah yang ia maksud.

Berbeda dengan, Sesuai ketentuan data yang dipaparkan bahan paparan Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), data Perdagangan Masuk Negeri dan Penjualan Barang ke Luar Negeri dari International Trade Center (ITC) dan BPS memang terlihat jomplang. Hal ini bahkan terjadi sejak 2004.

Misalnya, data Perdagangan Masuk Negeri pakaian jadi dari China pada 2004 Sesuai ketentuan data BPS mencapai US$1,18 juta atau setara Rp19,11 miliar (asumsi kurs Rp16.195 per Kurs Mata Uang Asing AS). Padahal, data Penjualan Barang ke Luar Negeri pakaian jadi China ke Indonesia Sesuai ketentuan data ITC mencapai US$46,4 juta atau sekitar Rp751,2 miliar.

Disebut Bahkan ada selisih sekitar US$45 juta atau sekitar Rp728,6 miliar pakaian Perdagangan Masuk Negeri dari China. Angka ini pun bisa diindikasikan sebagai pakaian Perdagangan Masuk Negeri ilegal dari China.

Ketimpangan data Penjualan Barang ke Luar Negeri dan Perdagangan Masuk Negeri ini berjalan konsisten Sampai saat ini 2023. Paling parah, terjadi pada 2012.

Saat itu, data BPS menunjukkan Perdagangan Masuk Negeri pakaian jadi dari China mencapai US$80,94 juta atau sekitar Rp1,31 triliun. Sedangkan Penjualan Barang ke Luar Negeri pakaian dari China Sesuai ketentuan data ITS mencapai US$1,08 miliar atau Rp17,48 triliun.

Disebut Bahkan, terdapat selisih sebesar US$1 miliar atau Rp16,19 triliun yang disinyalir masuk secara ilegal ke Tanah Air.

Pada 2023 pun angkanya tak kalah besar. Data Perdagangan Masuk Negeri pakaian jadi dari China Sesuai ketentuan data BPS mencapai US$118,8 juta atau sekitar Rp1,92 triliun. Sementara data Penjualan Barang ke Luar Negeri dari China ke RI Sesuai ketentuan data ITC mencapai US$269,5 juta atau Rp4,36 triliun.

Artinya, ada selisih sekitar US$150,7 juta atau Rp2,44 triliun barang China yang masuk ke Indonesia. Barang ini pun disinyalir masuk secara ilegal.

(mrh/sfr)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Perdagangan Masuk Negeri Pakaian Ilegal China Banjiri RI, Ini Buktinya