Siapakah Pendekar Air yang Disebut-sebut di World Water Forum Bali?

Siapakah Pendekar Air yang Disebut-sebut di World Water Forum Bali?


Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 pada 2024 ini.

Dalam pembukaan kegiatan yang digelar di Nusa Dua, Badung, Bali, Pemimpin Negara Dewan Air Dunia (World Water Council/WWC)  Loïc Fauchon beberapa kali menyebut ‘water warriors’ alias ‘pendekar air’.

Hal itu diungkap Fauchon dalam pidato pembukaan WWF ke-10 yang digelar di Nusa Dua, Senin (20/5). 


Bertolak belakang dengan, siapakah dan apakah maksud dari ‘pendekar air’ yang disebut Fauchon tersebut?

Mulanya Fauchon menyebut soal ‘pembawa pesan air’ (Water Messenger) sambil menyinggung Pemimpin Negara RI Joko Widodo (Jokowi) yang Bahkan hadir dalam pembukaan tersebut. Pada momen itu, Fauchon mengapresiasi Jokowi yang memenuhi permintaannya saat KTT Forum Ekonomi Internasional untuk menjadi ‘pembawa pesan air’.

Selanjutnya di hadapan para Perwakilan World Water Forum Bali, Fauchon mengatakan menjadi pembawa pesan yang baik saja tidak cukup. Ia pun mendorong Supaya bisa Jokowi Bahkan para hadirin dan semuanya untuk bertindak lebih jauh Dikenal sebagai menjadi ‘Water Warrior’ alias pendekar air.

“Mari menjadi ‘pendekar air’ bersama-sama. Saya ingin menyerukan kewajiban untuk menjaga alam dan saling Menyajikan air,” kata Ia dalam pembukaan Water World Forum Bali itu seperti dikutip dari keterangan pers.

Pada momen itu, Fauchon mengatakan Dewan Air Dunia mendorong setidaknya enam isu utama tentang situasi dan kondisi air dunia.

Pertama Merupakan mempromosikan aturan demi keamanan pasokan air di semua tingkat tanggung jawab di seluruh dunia. Kedua, komitmen perubahan perilaku dan kebiasaan untuk mencapai tentang kesadaran Akan segera kebutuhan dan menjaga ketersediaan air.

Ketiga, memprioritaskan desain dan implementasi solusi berbasis alam untuk wilayah daerah aliran sungai (DAS).

Kemudian keempat Merupakan mendesak semua negara untuk membuat aturan tentang hak air ke dalam konstitusi nasional, Undang-Undang nasional, Sampai saat ini perda.

“Untuk mengusulkan Supaya bisa, selangkah demi selangkah, hak atas akses terhadap air dapat ditegakkan bagi semua orang,” kata Fauchon.




Pemimpin Negara RI Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Pemimpin Negara World Water Council Loïc Fauchon (ketiga kiri) membuka World Water Forum ke-10 2024 di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (20/5/2024). (ANTARA FOTO/Media Center Wolrd Water Forum 2024/Aprillio Akbar)

Lalu kelima, Fauchon mengatakan WWC mengajak semua negara untuk berpartisipasi dalam Gabungan Uang untuk Air (Money for Water), yang Akan segera diperkenalkan pada konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa mendatang. Gabungan itu mencakup mendorong tentang subkedaulatan dan penghapusan utang air untuk negara-negara termiskin di dunia.

“Kita, para Pendekar Air Dunia ingin memastikan bahwa sebagian besar dana iklim secara alamiah Bahkan ditujukan untuk air, tak terkecuali air limbah,” ujar Fauchon.

Terakhir, Fauchon Bahkan mengajak masyarakat dunia berkontribusi Menyajikan gagasan baru dan terlibat dalam debat baru untuk mengukir masa depan air di dunia.

“Saya ingin mengatakan kepada orang-orang di ruangan ini dan di tempat lain di dunia: kami membutuhkan Anda; kami ingin ide-ide baru untuk menulis masa depan air. Jadilah Pendekar Air Dunia yang pertama, terlibatlah, dan terutama Anda, yang termud , raihlah tangan yang kami ulurkan kepada anda,” tutup Fauchon dalam sambutan pembukaan World Water Forum Bali tersebut.

World Water Forum Ke-10 yang digelar di Nusa Dua, Bali, membahas konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam.

Sebanyak 244 sesi pembahasan terkait air dalam WWF diharapkan dapat Menyajikan hasil konkret mengenai pengelolaan air secara global.

(kid)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Siapakah Pendekar Air yang Disebut-sebut di World Water Forum Bali?