Bisnis  

Bos PLN Icon Plus Ungkap Strategi Jaga Keamanan Data Pelanggan

Bos PLN Icon Plus Ungkap Strategi Jaga Keamanan Data Pelanggan


Belitung, CNN Indonesia

Direktur Utama PT PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengungkap Sebanyaknya strategi untuk menjamin data pelanggan di aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh anak usaha PT PLN (Persero) itu tetap Berkualitas.

Salah satunya, ia mengungkap pihaknya berupaya untuk Mengoptimalkan kinerja dari sisi pengamanan data, teknologi, penyiapan kapabilitas sumber daya manusia (SDM), Sampai saat ini proses Usaha terkait dengan pengelolaan data.

“Ini yang kami terus bangun, itu secara governance dan sistem. Kemudian Bahkan secara people capabilities dalam pengelolaan data yang itu kita bangun,” ujar Ari di Swiss-Belresort Belitung, Tanjung Binga, Kepulauan Babel, Senin (22/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kemudian tentunya yang tidak kalah penting Merupakan kita Bahkan belajar dari kejadian-kejadian cyber security attack atau incident Merupakan backup data. Jadi backup data ini Bahkan sangat penting yang tentunya Icon pun Bahkan sangat concern di sini,” imbuhnya.

Terkait backup data, Ari menjelaskan PLN Icon Plus Merupakan perusahaan berbasis pengelolaan data untuk sistem PLN.

Ia mengungkap pihaknya memiliki data center yang dibangun untuk menjadi solusi Usaha dan Pernah berlangsung digunakan oleh pihak publik di luar PLN untuk menempatkan data.

Dengan tren adanya teknologi cloud, pihaknya pun Bahkan membangun kolaborasi dengan penyedia cloud.

“Artinya kombinasi antara cloud dengan kami namakan on-premise atau jadi hybrid. Cloud dengan on-premise ini menjadi satu solusi yang kita offer, kita bawa Bahkan itu ke public areas. Ini solusi Merupakan pengamanan datanya,” jelas Ari lebih lanjut.

Ari Bahkan mengatakan ada solusi-solusi backup data lainnya, misalnya server dalam bentuk hardware. Apalagi, ia Bahkan berupaya untuk melakukan kolaborasi demi membangun kompresi dan analitik data yang Bahkan dibutuhkan untuk backup Supaya bisa menjadi lebih efisien.

“Jadi yang pertama Merupakan infrastruktur data centernya. Kemudian solusi hybrid antara infrastruktur data center dengan cloud. Kemudian yang ketiga Merupakan dari sisi pengelolaan datanya, dari sisi pengemasan data, Sekaligus analitik data, ini yang kita bangun untuk solusi ke publik,” ujar Ia.

(del/agt)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Bos PLN Icon Plus Ungkap Strategi Jaga Keamanan Data Pelanggan