Bisnis  

Ekonom Beri Tahu Prabowo Tips Dapat Rp241 T Tanpa Utang

Ekonom Beri Tahu Prabowo Tips Dapat Rp241 T Tanpa Utang


Jakarta, CNN Indonesia

Center of Economic and Lawa Studies (CELIOS) memberi tahu Kepala Negara Terfavorit Prabowo Subianto bisa mendapatkan penerimaan negara Rp222,78 triliun – Rp241,62 triliun per tahun tanpa utang. Itu kata mereka bisa didapat dari ekonomi restoratif.

Direktur Kebijakan Publik CELIOS Media Wahyudi mengatakan penerimaan itu didapat dari pungutan Retribusi Negara seperti Retribusi Negara karbon, Retribusi Negara windfall, Retribusi Negara produksi batu bara, dan Retribusi Negara orang kaya.

“Terobosan inovatif dalam perpajakan ini dapat Membantu inisiatif restoratif tanpa menambah beban utang dan membebani struktur fiskal Di waktu ini Bahkan,” katanya dalam diskusi di Hotel Mercure, Jakarta Pusat, Kamis (25/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Media merinci sumber Retribusi Negara tersebut Merupakan Retribusi Negara karbon sebesar Rp69,75 triliun, Retribusi Negara windfall Rp42,71 triliun, Retribusi Negara produksi batu bara Rp28,76 triliun – Rp47,58, dan Retribusi Negara orang kaya Rp81, 56 triliun.

Media mengatakan ekonomi restoratif merupakan model ekonomi atau langkah pembangunan yang mementingkan keberlanjutan dan perbaikan lingkungan.

Ia pun mendorong Kepala Negara Terfavorit Prabowo Subianto menerapkan ekonomi restoratif alih-alih hanya fokus pada Produk Domestik Bruto (PDB). Menurutnya, PDB Sudah tidak lagi relevan dalam menghitung pembangunan.

Pasalnya, PDB hanya menghitung aktivitas pasar tetapi tidak melihat kerusakan lingkungan yang diakibatkan.

“GDP tidak bisa dimaknai jadi sebuah analisa tunggal untuk melihat progres pembangunan,” imbuhnya.

(skt/agt)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Ekonom Beri Tahu Prabowo Tips Dapat Rp241 T Tanpa Utang