Sangat dianjurkan Tahu! Ini 5 Tanda-tanda Pria Punya Sperma Sehat

Sangat dianjurkan Tahu! Ini 5 Tanda-tanda Pria Punya Sperma Sehat

Jakarta

Kesehatan sperma menjadi salah satu hal penting untuk laki-laki, khususnya bagi yang Pernah berlangsung berkeluarga dan berkeinginan untuk memiliki anak. Sperma yang sehat Niscaya Berencana berdampak baik untuk proses reproduksi.

Jumlah sperma normal dan sehat berkisar 15 juta Sampai saat ini lebih dari 200 juta sel per mililiter semen. Ahli endokrinologi reproduksi, Kaylen Silverberg, MD mengatakan dokter biasanya Berencana memeriksa kesehatan sperma seseorang dengan melihat 3 faktor, Dikenal sebagai jumlah sperma, persentase sperma yang hidup dan berenang, serta ukuran dan bentuk sperma.

Selain dari ciri-ciri sperma, berikut tanda-tanda yang bisa menunjukkan seorang pria memiliki sperma yang sehat seperti dikutip dari Men’s Health.


1. Tidak Obesitas

Penelitian menunjukkan pria yang memiliki lingkar pinggang lebih besar atau obesitas dikaitkan dengan jumlah sperma yang sedikit. Hal ini karena beban lemak di perut dapat mengganggu pelepasan hormon seks, produksi, dan perkembangan sperma.

Ahli endokrinologi reproduksi Asima Ahmad, MD mengatakan mereka yang memiliki lingkar pinggang kecil bisa menjadi tanda bahwa ia memiliki sperma yang sehat.

“Bila seseorang memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dibandingkan dengan seseorang yang Kemungkinan mengalami obesitas atau sindrom metabolik dengan lingkar pinggang yang lebih besar, orang tersebut Kemungkinan memiliki kualitas sperma yang lebih baik, Berbeda dari ada hal lain yang Sangat dianjurkan dipertimbangkan Terlebih lagi,” jelas Ahmad.

2. Memiliki Pola Makan Sehat

Para pria yang hobi mengonsumsi junk food dan daging olahan memiliki jumlah sel sperma yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang lebih menjaga makannya.

Terlebih lagi, pria yang suka mengonsumsi ikan, terutama salmon dan tuna memiliki konsentrasi sperma 65 persen lebih besar. Pola makan sehat secara keseluruhan yang penuh dengan buah-buahan dan sayuran segar serta biji-bijian Bahkan dapat berdampak positif pada sperma.

3. Memiliki Suara yang Serak

Pria bersuara serak memiliki konsentrasi sperma yang lebih rendah saat ejakulasi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di PLOS One. Kadar testosteron Kemungkinan menjadi salah satu penjelasan atas penelitian ini.

Testosteron dikaitkan dengan fitur wajah yang lebih maskulin dan suara yang lebih rendah, Berbeda dari Berlebihan testosteron justru dapat menekan produksi sperma.

4. Terbiasa dengan Gerakan

Sebuah studi pada tahun 2023 menemukan bahwa pria yang melakukan angkat berat di tempat kerja memiliki konsentrasi sperma 46 persen lebih tinggi dan jumlah total sperma 44 persen lebih tinggi dibandingkan laki-laki yang pekerjaannya lebih banyak duduk.

5. Tidak Suka Rokok dan Alkohol

Kebiasaan tidak baik seperti merokok, minum alkohol secara berlebihan, dan asupan kafein berlebih dapat memperburuk kualitas sperma laki-laki. Meminimalkan atau menghentikan kebiasaan ini dapat Mengoptimalkan kualitas sperma.

“Mengonsumsi Resep-obatan, merokok, minum alkohol berlebihan, dan asupan kafein dalam jumlah besar dapat berdampak negatif pada sperma,” ujar Ahmad.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Sangat dianjurkan Tahu! Ini 5 Tanda-tanda Pria Punya Sperma Sehat