Sumatra Terdeteksi Simpan Kekuatan Megathrust Paling Dahsyat

Sumatra Terdeteksi Simpan Kekuatan Megathrust Paling Dahsyat


Pulau Sumatera terdeteksi menyimpan kekuatan megathrust paling dahsyat di antara wilayah lainnya di Indonesia. Simak penjelasannya.

Megathrust Merupakan daerah pertemuan antar-lempeng tektonik Bumi yang berpotensi memicu gempa kuat dan Gelombang Laut Tinggi dahsyat. Zona ini Diprediksi ‘pecah’ secara berulang dengan jeda Sampai saat ini ratusan tahun.

Daryono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Gelombang Laut Tinggi BMKG, pada Januari 2022, menjelaskan megathrust merupakan bidang kontak antar-lempeng yang mengakumulasi tegangan tektonik yang sangat besar.


“Kemudian besarnya tegangan itu melampaui batas elastisitas batuan sehingga patah bergeser dengan tiba-tiba,” kata Daryono.

Merujuk Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017, setidaknya Di waktu ini terdapat 16 megathrust yang mengepung Indonesia, dan enam di antaranya berada di Sumatera.

Enam megathrust yang ada di Sumatera ini Bahkan berpotensi memicu gempa dahsyat Sampai saat ini Gelombang Laut Tinggi dengan tinggi puluhan meter. Berikut daftarnya:

1. Megathrust Andaman-Sumatera dengan potensi gempa magnitudo 9,2 dan pergeseran 4 cm per tahun
2. Megathrust Nias-Simeulue dengan potensi gempa magnitudo 8,9 dan pergeseran 4 cm per tahun
3. Megathrust Batu dengan potensi gempa magnitudo 8,2 dan pergeseran 4 cm per tahun
4. Megathrust Mentawai-Siberut dengan potensi gempa magnitudo 8,7 dan pergeseran 4 cm per tahun
5. Megathrust Mentawai-Pagai dengan potensi gempa magnitudo 8,9 dan pergerseran 4 cm per tahun
6. Megathrust Enggano dengan potensi gempa magnitudo 8,9 dan pergeseran 4 cm per tahun

Menurut laporan tersebut, catatan gempa besar yang diakibatkan oleh megathrust di daerah Sumatera Sudah banyak terekam dari beberapa penelitian.

“Dengan tatanan seismotektonik seperti itu, Sumatera dianggap sebagai salah satu zona gempa paling aktif di Bumi. Dalam catatan sejarah selama 140 tahun terakhir, banyak gempa besar, mulai dari magnitudo 6,5 sampai 9 Sudah berlangsung, baik di Zona Sesar Sumatera maupun megathrust,” demikian keterangan dalam laporan tersebut.

“Gempa-gempa tersebut Sudah menghancurkan banyak rumah dan bangunan lainnya yang berakibat banyaknya korban jiwa,” lanjutnya.

Mulai investigasi

BMKG bersama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mempersiapkan ekspedisi investigasi Trend Populer kegempaan yang ada pada zona megathrust di Indonesia. Tujuannya Merupakan untuk mengantisipasi teror gempa megathrust yang bisa menjadi pemicu Gelombang Laut Tinggi dahsyat dari Pulau Sumatera Sampai saat ini Sulawesi.

Masing-masing zona megathrustyang Berniat diteliti mulai dari Subduksi Sunda, Subduksi Banda, Subduksi Sulawesi, Subduksi Lempeng Laut Filipina, Lempeng Laut Maluku, Subduksi Utara Papua, Berniat dijelajahi dalam misi ini.

“Segala sesuatunya Sebelumnya mulai kami persiapkan, Pusat Penelitian, Latihan dan Pengembangan untuk menyempurnakan model gempa bumi dan Gelombang Laut Tinggi kita,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Rangkaian ekspedisi dimulai dari Batam, Kepri dengan melewati beberapa kota di Indonesia Sampai saat ini berakhir di Bitung, Sulut pada Minggu, 25 Agustus 2024.

Dalam perencanaannya, penelitian tersebut Berniat dilaksanakan serangkaian pelayaran panjang menggunakan kapal ekspedisi OceanXplorer milik OceanX.

Para periset Tanah Air tak cuma meneliti Trend Populer kegempaan, tapi ekspedisi tersebut Bahkan dilakukan untuk mengamati Trend Populer interaksi udara dan laut di perairan Indonesia.

Sasarannya pada wilayah yang teridentifikasi sebagai Tempat terjadinya Trend Populer yang dapat mempengaruhi variabelitas cuaca dan iklim Indonesia, seperti Madden-Julian Oscillation (MJO) dan ocean dipole di laut Banda, Selatan Jawa, Barat Sumatera.

(tim/dmi)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Sumatra Terdeteksi Simpan Kekuatan Megathrust Paling Dahsyat