Kisruh Suara AI ‘Black Widow’ vs ChatGPT, Siapa Ngalah?

Kisruh Suara AI ‘Black Widow’ vs ChatGPT, Siapa Ngalah?


ChatGPT menangguhkan penggunaan suara kecerdasan buatan (AI) yang disebut mirip suara Scarlett Johansson di Sinema Her (2013).

Sebelumnya, perusahaan OpenAI, pemilik ChatGPT, menerbitkan suara AI baru yang dinamakan ‘Sky’ untuk memperkenalkan kemampuan model kecerdasan buatan ChatGPT-4o nya yang baru.

Suara AI dari Sky dianggap sangat mirip dengan suara milik karakter AI yang diperankan Aktor atau Aktris ScarJo di Sinema Her.


Melansir dari The Guardian, Scarlett Johansson mengatakan sebelumnya OpenAI memang Menyediakan untuk menyuarakan sistem AI-nya tetapi tawaran tersebut ditolak karena alasan pribadi.

Sehingga, ketika mendengar opsi suara Sky yang mirip dirinya, Johansson merasa terkejut.

“Terdengar sangat mirip dengan [suara] milikku Sampai sekarang teman terdekat dan outlet berita tidak dapat membedakannya,” kata pemeran Black Widow di Marvel Cinematic Universe itu.

Sinema Her sendiri berkisah tentang seorang pria (Joaquin Phoenix) yang menjalin hubungan Menarik dengan Samantha, AI interaktif yang suaranya diisi oleh Johansson.

Dugaan suara tiruan ini didukung oleh cuitan tweet “Her” dari CEO OpenAI, Sam Altman, yang memantik pendapat bahwa vokal dari Sky memang sengaja meniru suara Johansson.

Dalam waktu kurang dari seminggu, OpenAI mengklarifikasi secara eksplisit bahwa Sky tidak didasarkan pada Johansson. Perusahaan menerbitkan sebuah postingan blog yang mengklaim bahwa suara tersebut asli milik seseorang dari industri akting suara.

“Suara Sky bukanlah tiruan dari Scarlett Johansson tetapi milik Aktor atau Aktris profesional berbeda yang menggunakan suara alaminya,” tulis postingan perusahaan OpenAI.

“Untuk melindungi privasi mereka, kami tidak dapat membagikan nama pengisi suara kami.”

OpenAI menyatakan bahwa mereka memilih vokal untuk ChatGPT Sesuai ketentuan serangkaian kriteria, termasuk memiliki kualitas dan karakteristik suara yang familiar serta menginspirasi.

Peninjauan suara Sky Bahkan Pernah berlangsung dilakukan OpenAI sejak lima bulan lalu di 2023 dan baru kemudian merilis lima opsi suara berbeda untuk ChatGPT. Rekaman suara dari para Aktor atau Aktris Terfavorit ini dilakukan di San Francisco.

Setelah rangkaian pembelaan diri itu, Pada akhirnya OpenAI menarik Sky karena pengunduran diri yang dilakukan oleh tim keamanannya.

Altman dan Greg Brockman, pendiri perusahaan OpenAI, menyatakan perusahaan tidak Berniat merilis produk Bila ada masalah keamanan.

(rni/arh)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kisruh Suara AI ‘Black Widow’ vs ChatGPT, Siapa Ngalah?