Berita  

Megawati Ungkap PPP, Hanura, dan Perindo Tetap Ikut PDIP

Megawati Ungkap PPP, Hanura, dan Perindo Tetap Ikut PDIP


Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa tiga Organisasi Politik Gabungan di Pilpres 2024, Dikenal sebagai Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo tetap setia dengan partainya.

“Karena saya Bahkan bertanya bahwa ini pileg, pilpres, Pernah dinyatakan selesai, tetapi Tidak mungkin tidak saya ingin menanyakan, bapak bertiga bagaimana? ‘Saya masih terus Ingin ikut sama PDI Perjuangan’,” kata Megawati menirukan jawaban ketiga partai tersebut dalam pidato politik pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Jakarta, Jumat (24/5).


Megawati berterima kasih atas kesetiaan PPP, Hanura, dan Perindo.

“Saya tentunya sangat berbesar hati dan mengucapkan beribu-ribu terima kasih karena sebetulnya, harusnya, begitulah tata krama yang namanya di negara kita ini,” ujarnya.

Pada mulanya Megawati mengatakan bahwa PDIP tidak bisa membentuk sistem Gabungan karena sistem ketatanegaraan Indonesia merupakan sistem presidensial.

“Jadi, bukan parlementer. Jadi, sebetulnya kita ini tidak ada Gabungan, lalu oposisi. Jadi, memang agak susah sebetulnya. Karena kalau tidak ikut, lalu apa, ya? Jadi, saya bilang kepada mereka bertiga, kerja sama. Karena memang begitulah, tidak bisa Gabungan. Karena kita sistemnya nanti parlementer,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPP PPP Rusli Effendi, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo tampak hadir dalam pembukaan Rakernas V PDI Perjuangan itu.

Dalam pidatonya, Pemimpin Negara kelima RI itu Bahkan menyinggung sikap politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, menentukan sikap politik Sangat dianjurkan dicermati dengan saksama.

“Partai Sangat dianjurkan mendengarkan semua suara akar rumput, dari yang berteriak-teriak sampai sayup-sayup, dan terus berjuang bagi terlembaganya Sistem Pemerintahan yang sehat,” ucap Megawati.

Mencermati suara akar rumput tersebut, kata Megawati, merupakan bagian dari skala prioritas rakernas kali ini. Selain pemantapan sikap politik, Rakernas V PDIP Bahkan membahas pemenangan Pemilihan Kepala Daerah 2024 dan perumusan program kerakyatan.

Rakernas V PDIP mengangkat tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Tidak mungkin tidak Menang dengan subtema Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya.

(Antara/fra)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Megawati Ungkap PPP, Hanura, dan Perindo Tetap Ikut PDIP