Bisnis  

Apa Penanaman Modal Tepat Buat Biayai Kuliah Anak yang Naik Gila-gilaan?

Apa Penanaman Modal Tepat Buat Biayai Kuliah Anak yang Naik Gila-gilaan?

Daftar Isi



Setiap orang tua Tidak mungkin tidak ingin sang anak mendapatkan pendidikan yang Unggul. Karenanya, tak heran banyak orang tua yang berusaha keras menyekolahkan anaknya Sampai sekarang kuliah di perguruan tinggi.

Meskipun demikian biaya kuliah di perguruan tinggi tidak lah Ekonomis. Terlebih, Di waktu ini Bahkan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Sebanyaknya perguruan tinggi negeri di Indonesia tengah melonjak.

Karena itu, para orang tua mesti mempersiapkan uang kuliah anak sejak dini, termasuk dengan Penanaman Modal.


Lantas Penanaman Modal apa yang tepat untuk mempersiapkan UKT anak?

1. Emas

Perencana Keuangan Zielts Consulting Ahmad Gozali mengatakan produk Penanaman Modal yang cocok Dianjurkan mempertimbangkan jangka waktu kapan dana UKT Nanti akan digunakan. Untuk jangka menengah atau sekitar 5 sampai 10 tahun, maka Emas bisa diandalkan.

Ia mengatakan Emas bisa menjadi pilihan Penanaman Modal bagi orang awam yang tidak Ingin repot dengan menghitung tingkat Fluktuasi Harga dan administrasi legalitas.

“Karena Emas dipercaya bisa mengimbangi Fluktuasi Harga. Maka tak Dianjurkan repot-repot lagi hitung Fluktuasi Harga,” katanya kepada CNNIndonesia.com.

2. Sukuk / Obligasi

Ahmad Bahkan menyarankan Anda untuk menyiapkan dana abadi misalnya sebesar Rp500 juta. Lalu tempatkan dana tersebut dalam sukuk atau obligasi dengan pembagian kupon per enam bulan.

“Dengan asumsi rate kupon 6 persen net, maka setiap semester kita Nanti akan mendapatkan hasil Rp15 juta untuk bayar UKT,” katanya.

3. Reksadana

Perencana Keuangan dan Founder Rekadana Rina Dewi Lina mengatakan Anda Bahkan bisa menggunakan reksadana untuk mempersiapkan UKT anak. Bila anak baru berusia 1 sampai 5 tahun, maka bisa menggunakan reksadana saham atau campuran.

Dengan reksadana saham atau campuran, Anda bisa menyiapkan uang hanya ratusan ribu dengan hasil yang lebih maksimal asalkan berinvestasi secara disiplin dan regular.

Sementara Bila anak Sebelumnya berusia 7 sampai 10 tahun, maka bisa menggunakan reksadana campuran atau reksadana pendapatan tetap. Karena jangka waktunya semakin pendek, maka uang yang disiapkan Nanti akan jadi lebih besar Didefinisikan sebagai Kemungkinan jutaan Uang Negara Indonesia per bulan.

“Nah kalau waktunya Sebelumnya tinggal beberapa tahun lagi, reksadana pasar uang pilihannya atau menabung biasa,” katanya.

4. Agribisnis

Sementara itu, Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan Anda Bahkan bisa menyiapkan dana pendidikan anak dengan berinvestasi di agribisnis semisal menanam pohon jati.

Saat panen, maka Anda bisa sedikit demi sedikit mengumpulkan dana untuk kuliah.

“Karena tanaman ini Dianjurkan waktu cukup lama dari sejak ditanam Sampai sekarang bisa dipanen, maka hal tersebut menjadi jarak waktu yang ideal karena berarti ketika si anak siap kuliah atau maka tanamannya Sebelumnya siap dipanen,” katanya.

(fby/sfr)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Apa Penanaman Modal Tepat Buat Biayai Kuliah Anak yang Naik Gila-gilaan?