Sperma Vs Air Mani, Apa Sih Bedanya? Ini Penjelasan Medis Dokter Urologi

Sperma Vs Air Mani, Apa Sih Bedanya? Ini Penjelasan Medis Dokter Urologi


Jakarta

Pernah mengira sperma dan air mani Merupakan hal yang sama? Salah kaprah kalau kata dokter urologi, sebab faktanya keduanya Merupakan hal yang berbeda.

“Sperma sama cairan mani beda,” kata dr Adistra Imam Satjakoesoemah, SpU, FICS dari RS Abdi Waluyo, dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini.

Cairan mani, menurut dr Adistra, merupakan sebutan untuk cairan putih kental yang keluar saat ejakulasi. Di dalamnya memang terkandung sperma, tetapi sebagian besar komposisinya justru cairan yang diproduksi prostat dan sekitarnya.


“Ia (prostat) Berniat menghasilkan cairan putih kental bau kaporit, bau pandan, Ia Berniat menghasilkan lebih dari 90 persen cairan mani kita,” jelas dr Adistra.

Lalu dari mana datangnya sperma? Masih menurut dr Adistra, sel sperma diproduksi oleh organ seksual yang disebut testis.



ADVERTISEMENT

“Totalnya cuma sekitar 5 persen dari total cairan mani, cuma sedikit,” katanya, meluruskan salah kaprah yang banyak ditemui dalam keseharian.

Di dalam testis sendiri, setidaknya ada dua jenis sel yang bekerja. Pertama Merupakan sel sertoli yang menghasilkan sperma, dan yang kedua Merupakan sel leydig yang menghasilkan testosteron.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Sperma Vs Air Mani, Apa Sih Bedanya? Ini Penjelasan Medis Dokter Urologi