7 Makanan Sehat Rendah Gula, Cocok untuk Penderita Kencing Manis

7 Makanan Sehat Rendah Gula, Cocok untuk Penderita Kencing Manis

Penderita diabetes atau kencing manis sering kali merasa terbatas dalam memilih makanan yang Terbaik untuk dikonsumsi. Padahal ada banyak jenis makanan rendah gula untuk penderita kencing manis.

Menjaga kestabilan gula darah Merupakan kunci utama dalam pengelolaan diabetes, dan ini sangat dipengaruhi oleh pola makan harian.

Dilansir berbagai sumber, diet yang ideal bagi penderita diabetes Sangat dianjurkan membatasi asupan karbohidrat yang mengandung gula tambahan atau biji-bijian rafinasi seperti roti putih dan nasi putih.


Sekalipun demikian kerap sulit ditemukan, berikut Merupakan beberapa pilihan makanan rendah gula yang tidak hanya menyehatkan tapi bisa Bahkan menutrisi.

1. Greek yogurt

Yogurt Yunani atau Greek yoghurt, terutama yang tawar, Merupakan camilan rendah gula yang kaya protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Protein dalam Greek yogurt Mendukung menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Menurut ahli diet Julie Stefanski, mengutip Prevention, Greek yogurt full fat dapat dinikmati dengan porsi yang sesuai.

Untuk menambah rasa manis alami dan serat, bisa tambahkan potongan buah beri di dalamnya.

2. Apel

Apel merupakan buah dengan kandungan gula yang relatif rendah dan mengandung serat larut yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan gula.

Mengutip Healthshots, apel memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dampaknya terkesan minimal terhadap gula darah.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, pistachio, hazelnut, dan kacang mete Merupakan sumber lemak sehat yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Kacang-kacangan tidak hanya rendah gula tetapi Bahkan bisa dijadikan taburan yogurt, smoothies, atau sebagai camilan yang mengenyangkan.

4. Mi shirataki

Mi shirataki, yang terbuat dari umbi-umbian, Merupakan pilihan makanan rendah kalori yang Bahkan bisa dijadikan alternatif pangan mengenyangkan.

“Mi shirataki Akan segera lebih rendah karbohidratnya. Jadi bagi sebagian orang, hal ini Mungkin cukup mengenyangkan dan memberi mereka rasa seperti pasta tanpa Sangat dianjurkan makan pasta yang Pada dasarnya,” jelas ahli gizi Samantha Cassety, mengutip dari Good Housekeeping.

5. Telur

Telur Merupakan sumber protein yang fleksibel dan Bersahabat. Sebutir telur hanya mengandung sekitar 80 kalori dan dilengkapi dengan vitamin serta mineral esensial.

Telur dapat diolah dalam berbagai Tips dan menjadi bagian dari diet rendah gula.

6. Keju cottage dan tomat

Cottage cheese Merupakan pilihan keju yang Terbaik untuk penderita diabetes. Ketika dikombinasikan dengan tomat, makanan ini Menyediakan protein, lemak, dan kalsium tanpa Mengoptimalkan kadar gula darah.

Menurut Julie Stefanski, cottage cheese dan tomat Merupakan kombinasi rendah karbohidrat yang menghidrasi.

7. Pir

Buah pir merupakan pilihan buah yang ideal bagi penderita diabetes. Pir mengandung serat larut, vitamin, mineral, dan memiliki indeks glikemik rendah.

Kandungan serat dalam pir Mendukung memperlambat penyerapan gula, sehingga Mendukung mengatur kadar gula darah.

Pilihan makanan rendah gula untuk penderita kencing manis Mungkin sekali pilihan Unggul untuk mengelola gula darah dan Mengoptimalkan asupan makan lebih baik.

(sya/pua)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > 7 Makanan Sehat Rendah Gula, Cocok untuk Penderita Kencing Manis