Berita  

Sekjen Dewan Perwakilan Rakyat Indra Iskandar Cabut Praperadilan Lawan KPK

Sekjen Dewan Perwakilan Rakyat Indra Iskandar Cabut Praperadilan Lawan KPK


Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Indra Iskandar mencabut permohonan praperadilan di Lembaga Proses Hukum Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) terhadap Komisi Pemberantasan Penyalahgunaan Jabatan (KPK).

Pejabat Humas PN Jaksel Djuyamto mengatakan pencabutan praperadilan tersebut ditetapkan dalam sidang perdana praperadilan di PN Jaksel, Senin (27/5) hari ini.

“Hakim tunggal Ahmad Samuar SH MH Sebelumnya membacakan penetapan yang isinya mengabulkan permohonan pencabutan permohonan praperadilan,” kata Djuyamto dalam keterangan tertulis, Senin (27/5).


Djuyamto menjelaskan sebelumnya permohonan pencabutan praperadilan ini disampaikan oleh kuasa hukum Indra Iskandar kepada hakim yang memeriksa Peristiwa Pidana ini.

Sebelumnya, melalui praperadilan ini Indra mempersoalkan penyitaan tas merek Montblanc Sampai sekarang sepeda merek Yeti SB165 biru tosca yang dilakukan KPK.

Tak hanya itu, Indra turut mempersoalkan statusnya sebagai Pelaku Kejahatan oleh KPK Sesuai ketentuan Surat Perintah Penyidikan Nomor: Sprin.Dik/13/DIK.00/01/01/2024 tanggal 19 Januari 2024 Jo Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan Nomor: B/41/DIK.00/23/01/2024 tertanggal 22 Januari 2024.

Indra mengklaim tidak pernah diperiksa oleh Lembaga Antirasuah Sampai sekarang penerbitan Sprindik pada 19 Januari 2024.

“Sampai sekarang diterbitkannya Surat Perintah Penyidikan tanggal 19 Januari 2024, senyatanya terhadap pemohon tidak pernah dilakukan pemeriksaan, membuat dan menandatangani Berita Acara Pemeriksaan (BAP),” kata Indra dalam permohonannya.

“Proses penetapan penyidikan dan penetapan Pelaku Kejahatan kepada pemohon yang dilakukan oleh termohon hanya didasarkan pada keterangan yang diperoleh dalam tahapan permintaan keterangan yang diberikan oleh pemohon sesuai Surat tertanggal 19 Mei 2023, Perihal: Permintaan Keterangan,” imbuhnya.

Adapun permohonan praperadilan ini sebelumnya diajukan pada Kamis (16/5) lalu dan teregister dengan nomor Peristiwa Pidana: 57/Pid.Pra/2024/PN JKT.SEL.

(mab/isn)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Sekjen Dewan Perwakilan Rakyat Indra Iskandar Cabut Praperadilan Lawan KPK