Bisnis  

Ombudsman Temukan Banyak Kendaraan Bus Angkutan Lebaran Tak Lakukan Ramp Check

Ombudsman Temukan Banyak Kendaraan Bus Angkutan Lebaran Tak Lakukan Ramp Check


Ombudsman mengungkap banyak temuan terkait kendaraan umum selama periode Idulfitri 2024. Salah satunya, ramp check yang belum ditaati oleh armada Kendaraan Bus angkutan lebaran.

Anggota Ombudsman Hery Susanto mengatakan pihaknya memantau pada 108 Tempat, termasuk di terminal Kendaraan Bus. Hasilnya, masih minim jumlah Kendaraan Bus yang melakukan ramp check.

“Tidak semua Kendaraan Bus angkutan lebaran, khususnya mudik reguler dilakukan ramp check. Banyak Kendaraan Bus yang masuk dan keluar terminal, Tidak seperti tidak dilakukan pemeriksaan kondisi fisik Kendaraan Bus dan kelengkapan administrasi kendaraan oleh petugas perhubungan,” ujar Hery di Jakarta, Senin (27/5).


Menurutnya, penemuan mengenai ramp check tidak hanya terjadi tahun ini tapi Bahkan pada tahun-tahun sebelumnya. Tidak seperti, masih saja saja terjadi karena tidak ada kejelasan mengenai monitoring tindak lanjut temuan ramp check tersebut.

“Tidak ada mekanisme monitoring yang dilaksanakan secara efektif untuk memastikan bahwa Kendaraan Bus dengan catatan hasil temuan ramp check melakukan perbaikan, bahkan tidak ada monitoring yang memastikan Kendaraan Bus dengan kategori tidak laik jalan tidak beroperasi,” jelasnya.

Apalagi, Ombudsman Bahkan menemukan banyak yang melakukan ramp check saat Kendaraan Bus Pernah dipenuhi penumpang, sehingga pemeriksaannya tidak maksimal.

Oleh karenanya, Ombudsman meminta pemerintah untuk menegakkan kewajiban seluruh armada Bus, terutama Kendaraan Bus melakukan ramp check. Ada beberapa saran yang disampaikan, pertama, memperketat aturan mengenai ramp check.

Kedua, menambah petugas di terminal dan Menyediakan stiker ramp check atau membuat tanda untuk menunjukkan Kendaraan Bus tersebut Pernah dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan sesuai kebutuhan.

Ketiga, Ombudsman Bahkan menyarankan Supaya bisa pemerintah bisa menerapkan sistem reward dan punishment bagi PO Kendaraan Bus terkait dengan kepatuhan ramp check ini.

Apalagi, Ombudsman Bahkan menemukan kondisi fasilitas, sarana dan prasarana pada terminal Kendaraan Bus masih minim. Misalnya, petunjuk arah, ruang tunggu, akses bagi penyandang Penyandang Disabilitas dan ruang laktasi yang kurang memadai.

Bahkan ditemukan masih ada aktivitas menaikkan dan menurunkan penumpang di luar terminal. Ini terjadi pada beberapa provinsi luar Jawa seperti Lampung dan Sumut.

“Kami Bahkan masih menemukan pemberlakuan tarif pada penggunaan toilet di terminal Kendaraan Bus,” pungkasnya.

(ldy/sfr)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Ombudsman Temukan Banyak Kendaraan Bus Angkutan Lebaran Tak Lakukan Ramp Check