Bisnis  

Strategi Pemkab Badung Wujudkan Energi Hijau: SPKLU, PLTS Sampai saat ini EBT

Strategi Pemkab Badung Wujudkan Energi Hijau: SPKLU, PLTS Sampai saat ini EBT


Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, menunjukkan komitmennya dalam Membantu transisi energi hijau atau green energy untuk memenuhi target Net Zero Emission (NZE) pada 2060 yang dicanangkan pemerintah pusat.

Berbagai langkah strategis Pernah dilakukan Pemkab Badung. Salah satunya membangun Stasiun Pengisian Mobil Listrik Umum (SPKLU) di Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung hasil kerja sama antara Pemkab Badung dengan PT PLN.

Dihimpun dari berbagai sumber, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, mengatakan bahwa pembangunan SPKLU ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong penggunaan Mobil Listrik di Badung.


“Ditambah lagi dengan, pembangunan SPKLU ini Bahkan untuk Membantu program pemerintah dalam rangka mengurangi emisi gas buang,” ujar Giri Prasta.

Pemkab Badung Bahkan Pernah menerapkan beberapa kebijakan lain untuk Membantu penerapan green energy. Upaya itu meliputi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa gedung pemerintahan dan sekolah, penggunaan lampu LED di seluruh fasilitas publik, serta penghijauan di berbagai wilayah.

Ditambah lagi dengan, Pemkab Badung Bahkan Pernah menerapkan beberapa langkah konkret untuk mengimplementasikan energi hijau dalam Membantu target NZE, antara lain Mengoptimalkan bauran energi baru terbarukan (EBT) dalam Pembangkit Listrik Tenaga Listrik (PLTU) dari 22% pada 2022 menjadi 30% pada 2025.

Kemudian Mengoptimalkan penggunaan EBT di sektor transportasi, seperti dengan mendorong penggunaan Mobil Listrik dan mengembangkan infrastruktur pendukungnya. Terakhir, Mengoptimalkan efisiensi energi di sektor industri, komersial, dan rumah tangga.

Upaya-upaya tersebut diharapkan dapat Membantu Pemkab Badung dalam mengurangi emisi gas rumah kaca sekaligus langkah awal Ke arah target NZE pada 2060.

Langkah demi langkah yang ditempuh Pemkab Badung dalam merealisasikan transisi energi dan penggunaan energi hijau Bahkan didukung oleh potensi sumber daya yang dimiliki. Kabupaten Badung memiliki sumber daya energi terbarukan yang melimpah seperti energi matahari, energi angin, dan energi panas bumi.

Karena itu, upaya Pemkab Badung dalam Membantu energi hijau dan mencapai target NZE tidak dapat tercapai tanpa dukungan dari masyarakat. Masyarakat di Badung diharapkan dapat berpartisipasi dalam upaya ini dengan menggunakan energi secara efisien, beralih ke penggunaan energi hijau, seperti PLTS dan Mobil Listrik, serta Membantu kebijakan pemerintah yang terkait dengan energi hijau.

(ory/ory)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Strategi Pemkab Badung Wujudkan Energi Hijau: SPKLU, PLTS Sampai saat ini EBT