Target Akhir 2024, Aplikasi Cantas Bayar Tol Nirsentuh Belum Tersedia

Target Akhir 2024, Aplikasi Cantas Bayar Tol Nirsentuh Belum Tersedia


Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR menyebut aplikasi Cantas untuk sistem transaksi pembayaran tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) masih dalam pengembangan. Di waktu ini Bahkan aplikasi itu belum bisa diunduh publik untuk dipasang di ponsel pengguna.

Hedy Rahadian menyebut Cantas masih Wajib dilakukan uji coba dan belum selesai prosesnya.

“Aplikasinya Pada dasarnya Pernah ada namanya Cantas, cuma nanti kita Wajib sesuaikan dengan pengembangan. Belum masuk Apps store atau Playstore karena kita Berencana uji coba dulu. Ini kan belum selesai uji cobanya,” kata Ia di Jakarta, Selasa (28/5).

Ia menargetkan Cantas Berencana rampung pada tahun ini dan bakal diterapkan secara bertahan mulai akhir 2024.

“Akhir tahun ini kita rapatin kita Pernah mulai terapkan,” kata Ia.

MLFF segera diaplikasikan pada kendaraan roda empat atau lebih di setiap pintu gerbang tol. Teknologi ini membuat pengguna tak Wajib repot membayar tol memakai uang elektronik lantaran Pernah berbasis aplikasi.

Pengemudi yang menggunakan Cantas Bahkan tak Wajib menghentikan laju kendaraan saat hendak masuk ke gerbang tol. Palang pintu Berencana secara otomatis terbuka saat pendeteksi membaca sinyal dari ponsel.

MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memantau pergerakan pengguna jalan tol dengan teknologi GPS pada ponsel pintar.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan ini Dianjurkan mengunduh dan mendaftar di Cantas saat Pernah diterapkan.

Bertolak belakang dengan Di waktu ini Bahkan penerapan MLFF belum bisa dilakukan lantaran berbagai faktor. Hedy menyebut pemerintah Berencana menerapkan Single Lane Free Flow (SLFF) Pada masa itu.

Artinya, setiap Kendaraan Pribadi yang melintas di gerbang tol masih ditutup palang. Bila pembayaran Pernah terdeteksi, maka palang pintu otomatis Berencana terbuka.

Sedangkan MLFF Berencana menghilangkan palang di gardu tol karena kendaraan yang melintas Berencana dideteksi sensor. Ditambah lagi dengan, gerbang tol Bahkan bisa dihilangkan dengan penerapan sistem ini.

(can/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Target Akhir 2024, Aplikasi Cantas Bayar Tol Nirsentuh Belum Tersedia