Bisnis  

Pertamina Prediksi Kuota Bantuan Pemerintah LPG 3 KG Tahun Ini Jebol

Pertamina Prediksi Kuota Bantuan Pemerintah LPG 3 KG Tahun Ini Jebol


Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan memperkirakan penyaluran LPG 3 kilogram (kg) tembus 8,38 juta metrik ton (MT) Sampai sekarang akhir tahun ini.

Jumlah tersebut 4,4 persen lebih banyak dari kuota yang ditetapkan.

Riva mengatakan perkiraan tersebut dibuat dengan mengacu penyaluran LPG 3 kg Sampai sekarang April lalu yang mencapai 2,69 juta MT atau 1,8 persen lebih banyak dari kuota.


“Peningkatan konsumsi masyarakat terkait beberapa event dan kegiatan-kegiatan, baik dari Ramadan dan Idul Fitri, Serta kegiatan beberapa libur terkait dengan Pencoblosan Suara Nasional dan hari-hari besar,” katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI Wakil Rakyat, Selasa (28/5).

Sementara itu, penyaluran LPG 3 kg pada 2025 diproyeksikan sebesar 8,46 juta MT. Asumsi tersebut mengacu pada pertumbuhan jumlah penduduk sebesar 1,13 persen serta mempertimbangkan upaya pengendalian penyaluran LPG 3 kg melalui program Bantuan Pemerintah Tepat LPG 3 Kg.

Riva mengatakan pihaknya Nanti akan terus melakukan pencatatan terhadap konsumen yang membeli LPG 3 kg lewat program Bantuan Pemerintah Tepat LPG. Per April 2024, sebanyak 41,8 juta nomor induk kependudukan (NIK) Pernah berlangsung mendaftar di mana mayoritas atau 35,9 juta NIK setara 86 persen Merupakan sektor rumah tangga.

Kemudian disusul usaha mikro (5,8 juta NIK), petani sasaran (12,8 ribu NIK), dan nelayan sasaran (29,6 ribu NIK), dan pengecer (70,3 ribu NIK).

Ia menambahkan bahwa dengan pendaftaran Bantuan Pemerintah LPG Tepat, profil dari pembeli dapat dilihat termasuk berapa jumlah LPG yang mereka beli dalam sebulan. Secara rata-rata, pembeli katanya membeli 1 sampai 5 tabung LPG 3 kg per bulan.

“Bertolak belakang dengan ada yang lebih dari 5 tabung untuk sektor yang mendaftarkan dirinya sebagai pengecer,” katanya.

(fby/agt)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Pertamina Prediksi Kuota Bantuan Pemerintah LPG 3 KG Tahun Ini Jebol