Bisnis  

Pertashop Bakal Dibolehkan Jual Pertalite

Pertashop Bakal Dibolehkan Jual Pertalite


Pertashop Di waktu ini dibolehkan menjual pertalite alias jenis BBM khusus penugasan (JBKP). Pemerintah mencadangkan kuota sebanyak 100 ribu kiloliter (KL) pertalite pada 2024 untuk disalurkan ke Pertashop.

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati menyebut langkah ini memangkas kuota yang Sebelumnya ditetapkan pemerintah. Padahal, kuota pertalite tahun ini lebih rendah dibandingkan 2023 lalu.

“Kuota JBKP di 2024 ditetapkan sebesar 31,70 juta KL, sedikit lebih rendah dari kuota 2023 sebesar 32,56 juta KL,” ucap Erika dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat RI di Jakarta Pusat, Senin (27/5).


“Dari 31,70 juta KL yang ditetapkan, dicadangkan 100 ribu KL untuk keperluan penyaluran pertalite di Pertashop. Sehingga kuota yang dialokasikan sebesar 31,60 juta KL,” jelasnya.

Pertashop Merupakan lembaga penyalur PT Pertamina (Persero) berskala kecil. Selama ini, Pertashop hanya menjual BBM non-Bantuan Pemerintah Sampai sekarang LPG non-Bantuan Pemerintah.

Sebanyaknya anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat RI mempertanyakan bagaimana nasib Pertashop yang ingin menjual pertalite. Salah satunya, Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat RI Fraksi PAN Andi Yuliani Paris.

Andi mengaku mendapat banyak keluhan dari para pengusaha yang menjalankan Usaha Pertashop. Ia mengklaim nasib pemilik Usaha tersebut berada di ujung tanduk karena menanti izin menjual pertalite Supaya bisa bisa cuan.

Kepala BPH Migas Erika mengaku Sebelumnya menerima perwakilan Asosiasi Pertashop terkait keluhan tersebut. Ia menegaskan pihaknya Bahkan Pernah berlangsung membahas aspirasi tersebut dengan Pertamina.

“Kami Menggelar kajian dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), apakah memang tepat kalau misalnya Pertashop itu kita berikan (izin) menjual pertalite. Karena memang Pertashop itu tidak dibangun untuk menjual BBM bersubsidi, itu untuk menjual jenis BBM umum (JBU), dan itu tertuang dalam aturan dari Kementerian Dalam Negeri,” jelas Erika.

Erika mengklaim uji coba penjualan pertalite di Pertashop Bahkan Sebelumnya dilakukan, yaitu di 29 titik di Sulawesi. Berbeda dengan, baru 10 Pertashop yang memenuhi syarat sarana dan prasarana, seperti Teknologi Digital Sampai sekarang penggunaan CCTV.

“Niscaya tidak semua Pertashop yang kita bisa lakukan uji coba, hanya beberapa yang betul-betul Sebelumnya memenuhi perizinan dan kita fokuskan pada daerah yang di sana belum ada SPBU,” tutur Erika.

“Ada 10 yang Sebelumnya memenuhi syarat dan ada 1 Pertashop yang Sebelumnya menyalurkan pertalite di akhir Mei (2024) ini, di Sulawesi,” tandasnya.

(skt/pta)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Pertashop Bakal Dibolehkan Jual Pertalite