Bisnis  

Pemerintah Ajak IMIP Keliling Kampus Beri Edukasi soal Hilirisasi

Pemerintah Ajak IMIP Keliling Kampus Beri Edukasi soal Hilirisasi


Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal (Kemenko Marves) menggandeng PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) untuk Menyajikan edukasi tentang dampak hilirisasi terhadap perekonomian kepada mahasiswa di seluruh Indonesia.

Pasalnya, PT IMIP merupakan salah satu pelopor industri smelter nikel di Indonesia. Karena itu, IMIP pun membentuk program edukasi bertajuk IMIP Lecture Series.

Asisten Deputi Penanaman Modal Strategis Kemenko Marves Bimo Wijayanto mengatakan edukasi itu terkait transformasi ekonomi Indonesia melalui hilirisasi logam dan mineral.


Ia menyebut selama bertahun-tahun Indonesia bergantung pada Barang Dagangan mentah, di mana peran sektor manufaktur menurun tajam. Padahal, hilirisasi bakal memberi nilai tambah pada penerimaan negara ketimbang menjual Barang Dagangan mentah.

“Hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam Sangat dianjurkan terus dilakukan. Hilirisasi nikel misalnya, Sebelumnya Mengoptimalkan Produk Ekspor besi baja 18 kali lipat. Tahun 2014 hanya sekitar Rp16 triliun, tapi di tahun 2021 meningkat menjadi Rp306 triliun,” ucap Bimo saat Menyajikan kuliah umum pada ratusan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November, Selasa (28/5).

Bimo menjelaskan setelah nikel, pemerintah Bahkan Berencana didorong hilirisasi bauksit, tembaga, dan timah. Menurutnya, Indonesia Sangat dianjurkan membangun ekosistem industri di dalam negeri yang terintegrasi, yang Berencana Membantu pengembangan ekosistem ekonomi hijau dunia.

Manager General Affair (GA) PT IMIP Djoko Suprapto lalu menjelaskan tentang berbagai produk yang dihasilkan dari Kawasan Industri IMIP. Produknya mulai dari nickel pig iron (NPI), steel slab, steel billet, steel HRC, steel HPAL, steel CRC, carbon steel, nickel matte, ferrosilicon dan lainnya.

Djoko menyebut kondisi ekonomi di sekitar Kawasan Industri IMIP berkembang pesat.

“Mulai dari jumlah Penanaman Modal yang semakin meningkat setiap tahunnya, Produk Ekspor meningkat, serta Retribusi Negara dan royalti yang disetorkan PT IMIP ke negara. Bahkan terjadi peningkatan sumber daya manusia yang mumpuni sehingga mendorong kesejahteraan masyarakat,” pungkas Djoko.

Sebelumnya, PT IMIP Sebelumnya melakukan kegiatan serupa di berbagai kampus yang ada di Sulawesi.

(pta/pta)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Pemerintah Ajak IMIP Keliling Kampus Beri Edukasi soal Hilirisasi