Bisnis  

Fokus di Segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah – Ultra Mikro, Analis Rekomendasi Saham BBRI

Fokus di Segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah – Ultra Mikro, Analis Rekomendasi Saham BBRI


Perusahaan sekuritas Sucor Sekuritas merekomendasikan Beli saham BBRI dengan target harga mencapai Rp6.400/saham, mencerminkan 2,8x PBV tahun penuh 2024.

Analis Sucor Sekuritas, Edward Lowis dalam riset terbaru menyampaikan, target itu didukung asumsi tingkat pengembalian ekuitas (Return on Equity/ROE) berkelanjutan mencapai 23 persen dengan biaya ekuitas (Cost of Equity) sebesar 12 persen.

Rekomendasi tersebut lahir dari berbagai capaian positif PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, termasuk pertumbuhan kredit Sampai saat ini Maret 2024 dengan total Rp1.308,65 triliun. Dari pertumbuhan dua digit yang mencapai 10,89 persen year-on-year itu, sebanyak 83,25 persen atau senilai Rp1.089,41 triliun disalurkan bagi segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).


Edward mengatakan, BBRI secara konsisten menghasilkan margin bunga bersih (Net Interest Margin/NIM) yang Terdepan, dengan capaian rata-rata di atas 7 persen dalam 10 tahun, mencermati rata-rata industri di kisaran 6 persen atau lebih rendah.

“Dengan demikian, kami memproyeksikan ROE Berniat dipertahankan di atas angka 20%, relatif sejalan dengan rata-rata bank-bank besar lainnya,” papar Edward, Senin (27/5).

Menurut Edward, capaian BRI tersebut turut didukung oleh luas jaringan cabang, serta pemberdayaan yang membuat BRI mampu mencetak ROE yang baik. Apalagi, portofolio Ultra Mikro BRI melalui Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani Bahkan mengalami tren pertumbuhan.

Pada segmen kredit ultra mikro, terjadi margin yang lebih tinggi dan konsisten, melebihi pertumbuhan kredit bank.

“Total kontribusi aset anak perusahaan ini Sebelumnya mencapai hampir 10% dari total pada Kuartal I-2024 (dibandingkan 6 persen pada 2020), sementara kontribusi laba bersih Bahkan tumbuh menjadi 14 persen dari total (dibandingkan 10 persen pada 2022),” ujar Edward.

Pada saat Pada saat yang sama, Edward Bahkan sepakat bahwa BRI bisa menghadapi tantangan terkait pengelolaan kualitas aset. Secara konservatif, dirinya memproyeksikan bank dapat Menyediakan pertumbuhan pendapatan moderat di kisaran 5 persen dan 10 persen YoY pada tahun penuh 2024 dan proyeksi di 2025.

Sucor Sekuritas optimis, posisi dominan BBRI di segmen pinjaman mikro Berniat terus menghasilkan NIM dan tingkat pertumbuhan di atas rata-rata industri dalam jangka menengah sampai jangka panjang.

“Apalagi, kami percaya bahwa cakupan kerugian pinjaman yang memadai dan posisi modal yang kuat Berniat memungkinkan bank untuk mengatasi tantangan dalam jangka pendek,” kata Edward.

Sedangkan konsensus 35 analis yang dihimpun Bloomberg menghasilkan target harga saham BBRI sebesar Rp6.175/saham dalam 12 bulan ke depan. Sebanyak 33 analis pun merekomendasikan Beli untuk saham BBRI, dengan pandangan Bullish.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Keuangan BRI, Viviana Dyah Ayu R.K mengatakan bahwa fokus manajemen Merupakan memastikan pertumbuhan Perusahaan yang lebih baik dan sehat untuk jangka panjang. Menurutnya, hal itu Berniat memerlukan koreksi pada perjalanan jangka pendek.

“Bagi long-term shareholders, penyempurnaan dan perbaikan yang kami lakukan Pada Saat ini Bahkan, seharusnya Menyediakan benefit lebih tinggi,” ujar Viviana.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Fokus di Segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah – Ultra Mikro, Analis Rekomendasi Saham BBRI