Bisnis  

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi Tempat Cas Kendaraan Pribadi

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi Tempat Cas Kendaraan Pribadi


PT PLN (Persero) bakal menyulap 2.000 tiangĀ listrik menjadi tempat cas Kendaraan Pribadi alias Stasiun Pengisian Motor Listrik Umum (SPKLU) di 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan langkah ini merupakan inovasi pihaknya dalam rangka percepatan ekosistem Motor Listrik. Pria yang akrab disapa Darmo itu menyebut ada jutaan listrik milik PLN yang bisa disulap menjadi SPKLU.

“Inovasi kami, bisa mengubah memanfaatkan tiang listrik PT PLN (Persero), baik yang berbasis baja maupun beton. Sehingga bisa mengubah atau menambah di dalam fitur tiang listrik itu sebagai SPKLU,” jelas Darmo dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat RI di Jakarta Pusat, Kamis (30/5).


“Karena ini biayanya jauh lebih Berkualitas dan kami bisa memilih Tempat yang strategis, misal di tempat-tempat umum yang banyak sekali Motor Listrik di daerah tersebut. Atau di sekitar apartemen dengan konsentrasi Motor Listrik yang banyak terparkir di sekitar apartemen tersebut,” sambungnya.

Darmo menegaskan PLN bisa langsung mengubah tiang listrik tersebut menjadi SPKLU. Ia mengatakan rencana ini tersebar di beberapa titik di Indonesia, termasuk Jakarta.

Pada bahan paparan Darmo, tempat cas Kendaraan Pribadi listrik dari tiang itu berada di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Sekaligus Jakarta Utara. Ada Bahkan di wilayah Tangerang Sampai sekarang Bekasi.

“Ini sebagai contoh sebaran SPKLU yang berbasis pada tiang listrik di Jakarta dan ini Sebelumnya kami overlay dengan analisis traffic di masing-masing Tempat dan Tempat strategis dari tiang-tiang tersebut,” jelasnya.

Apalagi, ada Bahkan penambahan SPKLU berbasis tiang listrik di wilayah Indonesia lainnya. Mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku, Sampai sekarang Papua.

(skt/agt)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi Tempat Cas Kendaraan Pribadi