Bisnis  

Smelter Tembaga Freeport di Gresik Siap Beroperasi Juni 2024

Smelter Tembaga Freeport di Gresik Siap Beroperasi Juni 2024


PT Freeport Indonesia (PTFI) memastikan smelter tembaga di Gresik, Jatim, siap beroperasi Juni 2024 mendatang.

Ini merupakan smelter kedua Freeport. Fasilitas pengolahan ini mampu mengolah konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt).

Freeport Pernah berlangsung mulai menyelesaikan konstruksinya (commissioning) sesuai target Dikenal sebagai pada akhir Mei 2024, lalu mulai beroperasi di Juni 2024.


“Smelter ini merupakan komitmen Freepot Indonesia dalam Membantu hilirisasi yang dicanangkan pemerintah,” tulis Freeport dalam keterangan resmi, Jumat (31/5).

Sebelumnya, Pemimpin Negara Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas memastikan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) perusahaan di kawasan JIIPE, Gresik, Jatim siap beroperasi Juni 2024.

“Hari ini saya berkunjung ke Smelter untuk memantau perkembangan penyelesaian pembangunan Smelter PTFI. Di waktu ini kami tengah melakukan proses commissioning yaitu pengujian, percobaan, trial, untuk memastikan peralatan dan sistem yang didesain, diinstal, dan dioperasikan Pernah berlangsung sesuai sebagai upaya menyelesaikan proyek smelter ini untuk selesai secara substansial. Diharapkan pada bulan Juni Pernah berlangsung bisa beroperasi,” ujar Tony saat berkunjung ke smelter Gresik, Sabtu (25/5).

Toni menjelaskan pembangunan smelter merupakan komitmen perusahaan untuk Mengoptimalkan nilai tambah mineral dan Membantu kebijakan hilirisasi industri yang dicanangkan oleh pemerintah.

Proyek smelter kedua perusahaan yang dibangun sejak Oktober 2021 ini dirancang mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas peleburan konsentrat tembaga sebesar 1,7 juta ton per tahun, yang menjadikan smelter ini sebagai tempat pemurnian tembaga dengan rancangan terbesar di dunia.

(pta/pta)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Smelter Tembaga Freeport di Gresik Siap Beroperasi Juni 2024