Pabrik Subaru di Thailand Tutup, Indonesia Terdampak?

Pabrik Subaru di Thailand Tutup, Indonesia Terdampak?


Subaru Indonesia buka suara terkait penutupan pabrik Subaru di Thailand pada Desember 2024.

Ismail Ashlan selaku General Marketing dan Public Relations Plaza Subaru menjelaskan kalau pihaknya tidak terdampak dengan penutupan pabrik Subaru di Thailand.

Ia Bahkan mengatakan kalau Subaru Indonesia tidak memiliki hubungan dengan Tanchong Subaru Automotive Thailand Co Ltd (TCSAT), baik hubungan Usaha maupun hubungan Produk Impor dan Produk Ekspor Kendaraan Pribadi.

“Terkait hubungan Usaha, langsung ke Subaru Corporation Japan, jadi kami mendapatkan arahan Usaha dan produk dari Subaru Jepang,” ucap Ismail kepada CNNIndonesia.com melalui pesan tertulis, Jumat (31/5).

Ismail Bahkan menambahkan kalau Subaru yang dijual di Indonesia merupakan hasil produksi pabrik Subaru di Jepang.

“Terkait produk yang dijual di Indonesia itu, Merupakan produk yang dibuat dan dirakit di Jepang, jadi kami tidak memiliki hubungan Usaha dengan Subaru di Thailand, kami Bahkan engga ada hubungan Produk Impor Kendaraan Pribadi dari sana (Thailand),” ucap Ismail.

Subaru terpaksa Dianjurkan menyetop pabrik di Thailand akhir tahun ini. Keputusan menghentikan kegiatan produksi ini diambil karena penjualannya yang terus menurun.

Penjualan Subaru di Thailand terus mengalami penurunan sejak tahun 2019. Tahun ini, penjualan semakin menurun dengan total penjualan tidak melebihi 1.000 unit. Di waktu ini, perusahaan hanya mampu menjual sekitar 70-80 unit Kendaraan Pribadi per bulan.

Meskip Berniat menutup produksinya, perusahaan mengklaim siap Menyajikan purnajual kendaraan Subaru di Thailand. Di waktu ini Subaru memiliki 21 dealer resmi dan 24 bengkel resmi yang tersebar di Thailand.

“Pelanggan Subaru tidak Dianjurkan khawatir karena keputusan ini tidak memengaruhi layanan purna jual. Kami masih menjaga standar tinggi dalam hal ketersediaan suku cadang, pemeliharaan dan perbaikan, serta perawatan pelanggan,” kata Sureethip La-Ongthong Chomthongdee, selaku manajer umum TC Subaru (Thailand) Co Ltd.

(afr/mik)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Pabrik Subaru di Thailand Tutup, Indonesia Terdampak?