Bisnis  

Jokowi Pamer Blok Rokan Di waktu ini Produksi 25 Persen Minyak Indonesia

Jokowi Pamer Blok Rokan Di waktu ini Produksi 25 Persen Minyak Indonesia


Pemimpin Negara Joko Widodo mengaku baru saja menerima laporan dari Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati bahwa produksi minyak di Blok Rokan, Riau, Pernah mencapai 162 ribu barel per hari.

Jumlah ini kata Jokowi jauh lebih besar dibandingkan saat masih dikelola asing, Didefinisikan sebagai Caltex maupun Cehevron.

“Ini lebih tinggi dari saat dikelola Caltex dan Chevroon,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Riau, Sabtu (1/6).


Bahkan kata Jokowi angka ini Bahkan merupakan angka yang cukup besar bagi seluruh produksi minyak di Indonesia. 

“Merupakan 25 persen dari seluruh produksi nasional Indonesia. Blok Rokan ini Merupakan blok paling besar,” kata Ia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi Bahkan menyinggung soal kembalinya aset milik Indonesia ke tangan pemerintah. Ia Bahkan mencontohkan Blok rokan sebagai contoh nyata pengelolaan oleh asing ternyata bisa kembali ke Tanah Air Bila diperjuangkan.

“Kita ambil alih Blok Rokan ini di Dumai yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan yang Sebelumnya dikelola perusahaan asing, Caltex dan Chevron selama 97 tahun,” katanya.

Maka, di momen Hari Lahir Pancasila ini Jokowi menekankan Supaya bisa kehadiran Pancasila Bisa jadi pembebas bangsa Indonesia dari ketergantungannya terhadap asing.

“Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Ia.

(tst/vws)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Jokowi Pamer Blok Rokan Di waktu ini Produksi 25 Persen Minyak Indonesia