Bisnis  

Organisasi Eropa Selidiki Pembelian Barang dari Luar Negeri Biodiesel RI Buntut Kecurangan Bea Masuk

Organisasi Eropa Selidiki Pembelian Barang dari Luar Negeri Biodiesel RI Buntut Kecurangan Bea Masuk


Komisi Eropa Pada saat ini Bahkan sedang menyelidiki Pembelian Barang dari Luar Negeri biodiesel dari Indonesia, yang diduga menghindari bea masuk Organisasi Eropa (UE). Penyelidikan Bahkan dilakukan untuk biodiesel dari Sebanyaknya negara.

Dilansir dari Reuters, penyelidikan ini dilakukan seiring dengan Penolakan yang disampaikan Prancis, Jerman, dan Belanda Supaya bisa UE menerapkan pemeriksaan yang lebih ketat terhadap Pembelian Barang dari Luar Negeri biofuel dari negara-negara Asia.

Pasalnya, industri biodiesel Eropa menilai ada kecurangan Pembelian Barang dari Luar Negeri biodiesel yang dilakukan negara-negara Asia salah satunya China, yang diduga melakukan Pembelian Barang dari Luar Negeri biodiesel menggunakan minyak murni alih-alih daur ulang sehingga harganya lebih Ekonomis dan tidak berkelanjutan.


“Sertifikasi biofuel asing sebagai bahan bakar berkelanjutan Harus ditolak Manakala terjadi penolakan akses terhadap Tempat tersebut,” demikian catatan ketiga negara yang disampaikan dalam pertemuan para Pembantu Presiden energi UE, Kamis (30/5).

Seorang diplomat Organisasi Eropa mengatakan tidak ada keberatan terhadap usulan yang diajukan pada pertemuan itu. Tidak seperti, tidak ada tindakan yang diambil dan masalah itu diserahkan ke Komisi Eropa untuk ditindaklanjuti.

Biodiesel merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dipromosikan untuk mengurangi emisi karbon dalam transportasi. Seiring dengan itu, Eropa mendorong penggunaan minyak daur ulang dibandingkan minyak murni Supaya bisa biodiesel lebih berkelanjutan.

Tidak seperti, menurut beberapa produsen AS, ada lonjakan dalam pengiriman minyak daur ulang dari Tiongkok.

Industri biodiesel UE, yang menurut Komisi Eropa bernilai 31 miliar euro atau US$$33,6 miliar per tahun, memang sering menjadi subyek perselisihan dengan mitra dagang, terutama mengenai penggunaan minyak sawit yang dianggap UE sebagai Dalang deforestasi.

Sebelum ini, UE Pernah berlangsung menyelidiki biodiesel Indonesia apakah diekspor melalui China atau Inggris untuk menghindari kewajiban bea masuk biodiesel UE. Penyelidikan Organisasi Eropa ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari permintaan awal dari European Biodiesel Board, sebuah asosiasi produsen biodiesel Eropa.

“Pernah berlangsung terjadi perubahan pola perdagangan yang melibatkan Produk Ekspor dari Indonesia dan China serta Inggris ke Organisasi Eropa setelah pemberlakuan tindakan pemulihan kewajiban yang ada,” lanjut keterangan tersebut.

(blq/mik)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Organisasi Eropa Selidiki Pembelian Barang dari Luar Negeri Biodiesel RI Buntut Kecurangan Bea Masuk