Bisnis  

Momen ‘Tak Biasa’ Basuki Usai Ditunjuk Jadi Plt Kepala OIKN

Momen ‘Tak Biasa’ Basuki Usai Ditunjuk Jadi Plt Kepala OIKN


Pembantu Presiden Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditunjuk sebagai Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) usai Bambang Susantono mengundurkan diri.

Basuki tiba di Tempat jumpa pers di Kantor Pemimpin Negara sekitar pukul 10.40 WIB. Ia mengenakan topi biru tua yang biasa ia pakai.

Saat jumpa pers dimulai, Basuki berdiri di samping Pratikno. Ia terdiam tanpa senyum. Ia beberapa kali membuka catatannya, terutama saat Pratikno menjelaskan tugas baru Plt Kepala Otorita IKN.


Biasanya, Basuki hadir dengan senyum, tawa, dan canda ringan saat menggelar jumpa pers.

Setelah jumpa pers, Basuki langsung bergegas meninggalkan Kantor Pemimpin Negara. Ia pun sempat berjalan Mudah mendahului kejaran wartawan.

Meski begitu, ia tetap berhenti saat diminta komentar beberapa wartawan. Basuki menjawab tetapi dengan hanya beberapa patah kata.

“Belum bos,” kata Basuki saat ditanya apakah Sebelumnya ada komunikasi dengan investor usai pengunduran diri Bambang Susantono.

Wartawan bertanya alasan Basuki belum bicara dengan investor. Ia menjawab dengan keyakinan bahwa tidak ada masalah dengan pengunduran diri kepala dan wakil kepala Otorita IKN.

“Tapi saya kira enggak ada masalah. Mudah-mudahan justru mempertinggi kepercayaan karena yang menggantikan Pembantu Presiden dan wakil Pembantu Presiden,” ujarnya.

Basuki beberapa kali mencoba menyudahi wawancara. Wakil Pembantu Presiden ATR/BPN Raja Juli Antoni yang duduk di sebelahnya pun Membantu Basuki untuk meninggalkan wartawan.

“Sambil jalan ya,” kata Antoni.

“Assalamualaikum,” kata Basuki menimpali Antoni. Mereka pun pergi meninggalkan istana.

Jokowi memberi dua tugas khusus untuk Basuki. Jokowi ingin Basuki memastikan Penanaman Modal segera masuk ke IKN. Terlebih lagi, Basuki diminta membereskan lahan 2.068 hektare di IKN yang belum dibebaskan.

(dhf/sfr)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Momen ‘Tak Biasa’ Basuki Usai Ditunjuk Jadi Plt Kepala OIKN