Solo Tak Ada Anggaran Gelar Trophy AFF U-16, Gibran Cari Solusi

Solo Tak Ada Anggaran Gelar Trophy AFF U-16, Gibran Cari Solusi


Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Berniat mencari solusi anggaran menggelar Trophy AFF U-16 2024 yang berlangsung di Solo, 21 Juni-4 Juli mendatang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyatakan tidak ada alokasi dana dari APBD 2024 untuk Membantu acara tersebut. Meski demikian, Gibran memastikan pihaknya Berniat mencari pendanaan dari sumber lain.

“Enggak apa-apa. Nanti kita carikan solusinya,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (4/6).


Gibran menerangkan Kota Solo ditunjuk menjadi tuan rumah Trophy AFF U-16 2024 setelah APBD 2024 ditetapkan. Karena itu Pemkot dan DPRD Kota Solo tidak sempat mengalokasikan anggaran untuk Kejuaraan tingkat Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara itu.

Sesuai jadwal, Trophy AFF U-16 2024 Berniat diselenggarakan kurang dari tiga pekan mendatang. Dengan sisa waktu yang ada, Gibran masih yakin Kota Solo bisa Berhasil menggelar event tersebut.

“Tunggu aja. Nanti kami komunikasi lagi dengan Pak Ketum PSSI [Erick Thohir],” kata Gibran.

Selain Trophy AFF U-16 2024, Solo Bahkan ditunjuk menjadi tuan rumah event Gerakan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024. Event tersebut Bahkan luput dari penganggaran APBD Kota Solo tahun 2024.

“AFF, Peparnas, ini serba mendadak semua. Tapi Berniat kami usahakan,” kata Wakil Pemimpin Negara RI Terfavorit itu.

Putra sulung Pemimpin Negara Joko Widodo itu optimistis Solo Berniat Berhasil menggelar dua event dadakan tersebut. Kota Solo, kata Gibran, Pernah berlangsung berpengalaman Mengadakan event-event besar selama beberapa tahun terakhir.

“Kita kan Pernah berlangsung berkali-kali, Pernah berlangsung berpengalaman menjadi tuan rumah dan semuanya Berhasil,” kata Gibran.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Gerakan (Dispora) Kota Solo Rini Kusumandari mengungkapkan pihaknya belum melakukan persiapan untuk Trophy AFF U-16 2024. Pihaknya pun Sebelumnya mengirimkan surat ke PSSI terkait anggaran penyelenggaraan.

“Kami belum menganggarkan untuk AFF ini. Kami Pernah berlangsung sampaikan ke PSSI kita tidak ada anggaran untuk AFF ini. Harapannya bisa di support dari pusat,” kata Rini beberapa waktu lalu.

(syd/har)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Solo Tak Ada Anggaran Gelar Trophy AFF U-16, Gibran Cari Solusi